Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Kunci Terpopuler di Google Selama Ramadhan, Ada Baju Lebaran

Kompas.com - 15/03/2024, 13:13 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memasuki bulan Ramadhan 2024, Google Indonesia kembali merilis kata kunci atau keyword yang mulai banyak dicari oleh masyarakat Indonesia di Google.

Berdasarkan laporan Google Trends selama satu tahun ke belakang, beberapa kata kunci seperti "Ramadan", "Idul Fitri", dan juga "Mudik" masih menduduki posisi teratas.

Tidak hanya itu, Google juga melihat munculnya penelusuran terhadap beberapa kata kunci dalam 3 bulan terakhir sampai dengan awal puasa, di antaranya:

• Resep nasi goreng

• Resep nasi gila

Dice board game

Calisthenics

Carpet tufting

• Harga alat tufting

• Game mobile terbaik 2023

• Smartphone gaming murah

• Dungeons and Dragons board game

• Baju lebaran

"Memang minat masyarakat Indonesia di bulan puasa ini semakin beragam sehingga kata kunci yang muncul itu ada bermacam-macam," kata Manajer Komunikasi Google Indonesia Feliciana Wienathan, di acara bertajuk Ini Ramadan Kita di Jakarta, Kamis (14/3/2024).

Menurut Feli, dimulai dari awal puasa orang-orang sudah mulai mencari puncak arus mudik, resep, jadwal buka, dan bahkan ada pula yang mencari poster Ramadhan.

Terlebih lagi, Indonesia termasuk ke dalam dua negara teratas untuk pencarian kata kunci "Idul Fitri" dan "Puasa" tertinggi di dunia.

"Jadi ini bisa dibilang momen yang khas dan paling identik dengan masyarakat Indonesia," ujar dia.

Beberapa kata kunci juga mengalami peningkatan. Misalnya penelusuran terkait resep nasi goreng, kata Feli, meningkat hingga 150 persen, selain ada juga pencarian soal calisthenics sebesar 40 persen di tahun ini.

Sementara itu, kata kunci mengenai "resep buat buka puasa dan sahur" juga masuk ke dalam daftar yang banyak dicari untuk memudahkan orang-orang mengeksplorasi hidangan selama bulan Ramadhan.

Baca juga: Kata Kunci Nutrisi Balita di Google Naik 290 Persen dalam Setahun

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com