Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seblak dan "Gadis Kretek" Masuk Daftar Pencarian Terbanyak Google Indonesia 2023

Kompas.com - 19/12/2023, 09:03 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Sekar Langit Nariswari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google Indonesia kembali merilis "Year in Search 2023" untuk berbagi momen dan tren sepanjang tahun di Indonesia berdasarkan penelusuran atau pencarian masyarakat.

Menutup tahun ini, ada delapan kategori yang diumumkan yaitu Mengapa, Apa, Siapa, Lirik Lagu, Resep, Film/Serial TV, Berita, dan Olahraga.

"Perlu diketahui bahwa topik-topik dan kata kunci dalam Year in Search 2023 ini bukan hanya trending dalam satu momen saja, tapi kami pastikan kata-kata yang masuk ke dalam rangkuman ini juga trending sepanjang tahunnya," ujar Feliciana Wienathan selaku Communication Manager Google Indonesia.

Ia menyampaikannya dalam cara Year In Search 2023 Musikal Paling Trending: Adu Nasib Bersaudara di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Senin (18/12/2023), kemarin.

Baca juga: Cara CEO Google Jalani Senin Pagi agar Tetap Produktif, Mau Coba?

"Jadi, bisa dibilang ini benar-benar merefleksikan minat yang dicari masyarakat Indonesia dan merefleksikan evolusi budaya dari tahun ke tahun," terangnya.

Pencarian terbanyak Google Indonesia selama tahun 2023

Berkaitan dengan sejumlah perhelatan internasional yang digelar di Indonesia, seperti KTT Asean 2023 dan Piala Dunia U-17, sejumlah tema tersebut mendominasi di Google Indonesia.

Pencarian seputar "jadwal Piala Dunia U-17", "Timnas Indonesia", dan Apa itu KTT Asean", menjadi topik yang banyak diminati masyarakat.

Selain itu, minat masyarakat terhadap teknologi juga meningkat, khususnya terkait Artificial Intelligence (AI), terlihat dari meningkatnya penelusuran seputar "AI" dan "Bard".

Agaknya, banyak pula yang berusaha memahami cara untuk memanfaatkannya dengan baik dan benar, karena pencarian "mengapa teknologi harus digunakan secara bijaksana" turut menjadi salah satu yang trending tahun ini.

Baca juga: Prediksi Risiko Penyakit Jantung di Masa Depan dengan AI

Rafael Tan menjadi salah satu sosok yang menerima penghargaan Year in Search 2023 dari Google Indonesia.KOMPAS.com/Ryan Sara Pratiwi Rafael Tan menjadi salah satu sosok yang menerima penghargaan Year in Search 2023 dari Google Indonesia.
Meningkatnya kepedulian masyarakat Indonesia terhadap kesehatan juga selalu terlihat dari tahun ke tahun.

Beberapa kata kunci, seperti "pound fit", "crossfit", "matras apa yang cocok buat olahraga yoga", dan "apa itu ISPA", menjadi topik yang kerap dieksplor pengguna dalam mesin pencarian Google.

Sementara, para pecinta kuliner juga antusias untuk membuat kreasi sajian favorit sendiri.

Konten mukbang seblak ala Rafael Tan rupanya banyak menggugah selera penonton, sehingga kata kunci "resep seblak Rafael" menjadi salah satu topik penelusuran teratas.

Menyusul seblak Rafael, "resep mochi bites", "resep odeng", dan "resep puding lumut gula merah" juga menjadi kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna.

Baca juga: Jualan Seblak, Rafael Tan Akui Pesanan Membludak

Tren lain yang tak kalah menarik berasal dari minat masyarakat terhadap hiburan dari para seniman lokal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com