Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Liburan Sekolah dari Google, Bisa Jadi Inspirasi

Kompas.com - 19/06/2023, 22:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak keluarga mulai merencanakan liburan sekolah di bulan Juni dan Juli.

Baik itu ke pantai, area berkemah, atau tempat istirahat di kota, ada banyak opsi yang bisa kita pilih untuk menghabiskan liburan yang menyenangkan bersama keluarga.

Untuk itu, Google pun mencoba memberikan inspirasi dan meriset pilihan, sehingga kita dapat membuat reservasi dengan mudah pada waktu yang tepat.

Destinasi favorit untuk liburan

Berdasarkan laporan dari fitur Google Flight, sebagian besar destinasi yang dicari wisatawan Asia Pasifik umumnya berlokasi di dalam kawasan ini.

Indonesia menjadi salah satu dari sepuluh destinasi teratas untuk tanggal keberangkatan antara Juni hingga Agustus tahun ini.

Selain itu, pada kuartal pertama tahun 2023, negara teratas di Asia Pasifik yang paling banyak dicari wisatawan di seluruh dunia berdasarkan Destination Insights adalah India, Thailand, Indonesia, Australia, dan Jepang.

Namun, durasi perjalanan menjadi salah satu pertimbangan utama, di mana kata kunci penelusuran travel "terdekat dari lokasi saya" meningkat 400 persen.

Dan kata kunci "perjalanan Korea ke Indonesia berapa jam" juga menjadi penelusuran terpopuler di Google pada bulan Februari hingga Maret 2023 di Indonesia.

Menurut Google Flights, ada pula beberapa destinasi liburan yang paling banyak dicari seperti Kuala Lumpur, Bangkok, Singapura, Sydney, dan Melbourne.

Kemudian, destinasi yang trending di Google Flights mencakup Hong Kong, Riyadh, Montpellier, Jeddah, serta Tokyo.

"Ketika mempersiapkan liburan sekolah, keluarga Indonesia sering kewalahan dengan banyaknya pilihan dan kita semua mencari penawaran terbaik.

Demikian penuturan Communication Manager Google Indonesia, Feliciana Wienathan, dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Senin (19/6/2023).

Maka, Felicia melanjutkan, Google Flights dapat membantu melacak harga untuk tanggal tertentu antara dua kota.

"Cukup telusuri tujuan dan aktifkan fitur ini, kemudian kami akan mengirimkan email jika harga turun drastis untuk tanggal tersebut," katanya.

Tak hanya di luar negeri, perjalanan dalam kota di tahun 2023 ini ternyata juga mengalami peningkatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com