Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Liburan Sekolah dari Google, Bisa Jadi Inspirasi

Baik itu ke pantai, area berkemah, atau tempat istirahat di kota, ada banyak opsi yang bisa kita pilih untuk menghabiskan liburan yang menyenangkan bersama keluarga.

Untuk itu, Google pun mencoba memberikan inspirasi dan meriset pilihan, sehingga kita dapat membuat reservasi dengan mudah pada waktu yang tepat.

Destinasi favorit untuk liburan

Berdasarkan laporan dari fitur Google Flight, sebagian besar destinasi yang dicari wisatawan Asia Pasifik umumnya berlokasi di dalam kawasan ini.

Indonesia menjadi salah satu dari sepuluh destinasi teratas untuk tanggal keberangkatan antara Juni hingga Agustus tahun ini.

Selain itu, pada kuartal pertama tahun 2023, negara teratas di Asia Pasifik yang paling banyak dicari wisatawan di seluruh dunia berdasarkan Destination Insights adalah India, Thailand, Indonesia, Australia, dan Jepang.

Namun, durasi perjalanan menjadi salah satu pertimbangan utama, di mana kata kunci penelusuran travel "terdekat dari lokasi saya" meningkat 400 persen.

Dan kata kunci "perjalanan Korea ke Indonesia berapa jam" juga menjadi penelusuran terpopuler di Google pada bulan Februari hingga Maret 2023 di Indonesia.

Menurut Google Flights, ada pula beberapa destinasi liburan yang paling banyak dicari seperti Kuala Lumpur, Bangkok, Singapura, Sydney, dan Melbourne.

Kemudian, destinasi yang trending di Google Flights mencakup Hong Kong, Riyadh, Montpellier, Jeddah, serta Tokyo.

"Ketika mempersiapkan liburan sekolah, keluarga Indonesia sering kewalahan dengan banyaknya pilihan dan kita semua mencari penawaran terbaik.

Demikian penuturan Communication Manager Google Indonesia, Feliciana Wienathan, dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Senin (19/6/2023).

Maka, Felicia melanjutkan, Google Flights dapat membantu melacak harga untuk tanggal tertentu antara dua kota.

"Cukup telusuri tujuan dan aktifkan fitur ini, kemudian kami akan mengirimkan email jika harga turun drastis untuk tanggal tersebut," katanya.

Tak hanya di luar negeri, perjalanan dalam kota di tahun 2023 ini ternyata juga mengalami peningkatan.

Bahkan, beberapa objek wisata lokal di beberapa kota di Indonesia seperti pantai, taman, maupun museum menjadi sangat populer di Google Maps pada bulan Februari hingga Maret.

Memanfaatkan fitur-fitur Google saat berlibur

Dengan memanfaatkan fitur-fitur Google yang ada saat berlibur, itu bisa membantu kita mempersiapkan segala hal agar menjadi lebih mudah.

Beberapa fitur yang dapat digunakan antara lain:

• Street View

Street View menggabungkan miliaran gambar panorama untuk memberikan gambaran virtual lingkungan sekitar kita di Google Maps.

Kita dapat memanfaatkannya untuk menjelajahi lokasi secara virtual sebelum berangkat.

Dengan setidaknya 220 miliar gambar dari 100 lebih negara dan wilayah, Street View memiliki koleksi dari sebagian besar tempat yang ingin kita kunjungi.

• Jelajahi

Tidak tahu mau pergi ke mana? Fitur Jelajahi memungkinkan kita menelusuri lokasi di seluruh dunia dengan filter seperti anggaran atau lama perjalanan.

Dalam tampilan default-nya, Jelajahi akan menunjukkan harga tiket pesawat, tetapi sekarang kita juga akan melihat titik merah muda dan gelembung bertuliskan "Jelajahi sekitar".

Ketuk fitur ini untuk mempersempit penelusuran ke tempat-tempat yang dapat kits kunjungi dalam waktu beberapa jam saja dan pilih destinasi mana pun untuk melihat informasi bermanfaat tentangnya, termasuk harga rata-rata.

• Live View

Di kota yang baru pertama kali dikunjungi, kita mungkin kesulitan untuk mengetahui jalan yang harus dilalui.

Dengan Live View di Maps, kita akan melihat panah AR yang mengarahkan kita ke tempat tujuan.

Kita bahkan dapat menggunakan Live View di dalam bangunan untuk menjelajahi tempat-tempat seperti bandara, mungkin saat mencari area pengambilan bagasi atau lokasi persewaan mobil.

Dan setelah keluar, kita dapat melakukan penelusuran dengan Live View untuk mencari berbagai hal di sekitar — seperti restoran, taman, dan stasiun transit — serta melihat informasi bermanfaat seperti jam buka dan nilai rating-nya.

• Lens

Jika ragu-ragu, fitur Lens bisa membantu, di mana kita dapat mengambil gambar atau menggunakan tangkapan layar dan menambahkan "terdekat" untuk menemukan makanan favorit atau produk dari toko lokal.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/06/19/220000320/tips-liburan-sekolah-dari-google-bisa-jadi-inspirasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke