Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Google Lens di HP untuk Deteksi Kondisi Kulit

Kompas.com - 06/07/2023, 10:00 WIB
Niken Monica Desiyanti,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Kompas.com – Di antara berbagai produk yang telah dikembangkan Google selama bertahun-tahun, Google ponsel adalah yang paling banyak digunakan saat ini.

Google telah banyak menciptakan fitur-fitu yang mempermudah kita bekerja, mendapat pengetahuan, dan mengakses lokasi tertentu.

Melansir dari Forbes.com, kini Google juga mulai memperluas fitur-fitur lain yang lebih unggul, salah satunya melalui fitur Google Lens.

Google Lens merupakan alat berbasis visi yang memungkinkan penggunannya untuk mencari informasi dari apa yang mereka lihat melalui gawai atau handphone.

Cara kerja dari Google Lens adalah dengan menganalisa foto yang pengguna unggah, membandingkannya dengan foto lain di seluruh internet, mengurutkan hasil pencarian berdasarkan kemiripannya, dan memberikan sejumlah informasi yang relevan kepada pengguna.

Misalnya, ketika kita mengupload foto tanaman, maka Google Lens akan memberikan informasi mengenai nama, jenis, dan informasi lengkap lainnya mengenai tanaman tersebut.

Atau, saat kita mengunggah foto celana jeans. Maka, Google Lens dapat memberikan lebih banyak informasi mengenai produk tersebut.

Misalnya mengenai merek, tempat membeli produk tersebut, hingga informasi mengenai harganya.

Baca juga: Mau Mengecat Rumah? Ketahui Dulu Warna Paling Populer Versi Google

Nah, baru-baru ini, Google mengumumkan fitur baru pada Google Lens, yaitu kemampuannya untuk mendeteksi kondisi kulit seseorang.

Sekarang, kita dapat mendeteksi permasalah kulit seperti ruam atau jerawat hanya dengan memotretnya melalui kamera di Google Lens.

Dengan gambar tersebut Google Lens akan mencocokkan hasil gambar dengan informasi yang paling relevan dan informatif, sehingga kita dapat mendeteksi penyebab hingga perawatannya.

Baca juga: Tips Liburan Sekolah dari Google, Bisa Jadi Inspirasi

Cara mendeteksi kulit menggunakan Google Lens

Google Lens dapat diakses melalui aplikasi Google yang ada pada gawai.

Jika belum memiliki aplikasi tersebut, kita dapat mengunduhnya terlebih dahulu pada Playstore untuk pengguna Android, dan Appstore untuk pengguna iPhone.

Berikut adalah cara menggunakan fitur Google Lens untuk mendeteksi masalah kulit.

  1. Buka aplikasi Google pada handphone.
  2. Klik gambar kamera yang berada di bagian paling kiri search bar atau kolom pencarian.
  3. Setelah itu, arahkan ke kamera bagian kulit yang bermasalah, untuk hasil lebih relevan potret jerawat atau ruam dari jarak dekat.
  4. Kita juga dapat mengunggah foto dari galeri jika sudah memiliki foto kulit yang ingin dicari dengan mengklik logo gambar yang ada di Google Lens
  5. Klik logo search, dan Google Lens akan menampilkan hasil informasi yang relevan.

Perlu diingat bahwa hasil yang ditampilkan Google Lens berasal dari berbagai sumber yang ada di internet, meskipun informatif namun bisa jadi tidak akurat.

Oleh karena itu, hasil deteksi Google Lens tidak bisa dijadikan diagnosis.

Jika ingin hasil diagnosis yang akurat, berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Baca juga: Benarkah Rutin Minum Air Putih Ampuh Menghidrasi Kulit? Ini Faktanya..

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com