Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desainer Ayu Amelia Ceritakan Proses Pembuatan Koleksi Ramadhan

Kompas.com - 16/03/2024, 14:00 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri, banyak desainer fesyen yang berbondong-bondong untuk mengeluarkan koleksi terbarunya. 

Salah satu desainer baru di dunia fesyen, Ayu Amelia, juga tak mau kalah dan baru saja merilis koleksi Ramadhan-nya. 

Baca juga: Gaya Kompak Zaskia dan Shireen Sungkar Saat Rilis Koleksi Ramadhan

Baca juga: IKEA Rilis Koleksi Ramadhan, Terinspirasi Desain Arab-Skandinavia

Koleksi Ramadhan dari brand fesyen milik Ayu, Lakshita by Ayu Amelia dipamerkan dalam gelaran fashion show di Hotel Aston Priority Simatupang pada Jumat (15/3/2024). 

Dalam kesempatan terpisah, kepada Kompas.com, Ayu pun menceritakan proses kreatif di balik koleksi terbarunya itu. 

Tak butuh waktu lama dalam menghasilkan desain baru

Model sekaligus desainer Ayu Amelia saat ditemui Kompas.com sebelum pergelaran fashion show koleksi Ramadhan Lakshita by Ayu Amelia, Jumat (15/3/2024).KOMPAS.com/CHRISSTELLA EFIVANIA ROSALINE Model sekaligus desainer Ayu Amelia saat ditemui Kompas.com sebelum pergelaran fashion show koleksi Ramadhan Lakshita by Ayu Amelia, Jumat (15/3/2024).

Desainer sekaligus mantan model ini mengaku tak butuh waktu lama dalam pembuatan koleksi Ramadhan ini. 

Ayu mengaku, hanya butuh waktu kurang lebih dua minggu untuk menghasilkan desain-desain baru. 

“Cuma dua minggu (untuk proses kreatifnya). Ini desainnya sederhana juga, jadi desain kurang lebih masih mirip-mirip, tetapi hanya beda di warna saja,” kata Ayu kepada Kompas.com saat diwawancarai sebelum gelaran fashion show, Jumat sore. 

Baca juga: 6 Tempat Beli Baju Lebaran di Yogyakarta, Banyak Model Kekinian 

Warna-warna yang dipilih Ayu dalam koleksinya kali ini cenderung colorful karena para model yang terlibat dalam fashion show tersebut adalah remaja. 

“Model-modelnya remaja semua. Saya pilih warna, model, dan desain ini karena biar terlihat ceria dan kelihatan vibes remajanya,” tambah Ayu.

Tak hanya itu, Ayu juga mengungkap, dalam proses pembuatannya, ia tak mengalami kesulitan, karena model baju yang ia buat merupakan model yang juga sering ia gunakan sehari-hari. 

“Inspirasi desainnya juga datang aja gitu, tiap aku lihat sesuatu yang menarik, aku pasti jadikan itu sebagai inspirasi dalam pembuatan desain baju-baju koleksi Ramadhan ini,” ujarnya.

Mengikuti respons pasar

Potret desainer Ayu Amelia bersama anaknya, Deandra Lakshita, sebelum peragaan busana, Jumat (16/3/2024). KOMPAS.com/CHRISSTELLA EFIVANIA ROSALINE Potret desainer Ayu Amelia bersama anaknya, Deandra Lakshita, sebelum peragaan busana, Jumat (16/3/2024).

Diketahui, brand fesyen milik Ayu, yakni Lakshita by Ayu Amelia merupakan salah satu brand fesyen yang baru dibangun pada awal tahun 2024 ini. 

Ayu sendiri selaku model yang baru terjun ke industri fesyen sebagai desainer masih akan terus mengikuti respons pasar terkait produk-produk buatannya. 

“Untuk saat ini, saya masih ngikutin pasar ke mana arahnya, responsnya gimana di luar sana. Tapi Alhamdulillah, responsnya cukup baik dan banyak juga yang beli (baju-bajunya),” ujarnya. 

Baca juga: 6 Tempat Beli Baju Lebaran di Jakarta yang Jadi Favorit Warga Malaysia

Ia pun mengungkap, harga produk-produk yang ia jual masih cukup terjangkau, yakni hanya Rp 400.000-an saja. 

Saat ini, ia hanya memasarkan produk-produknya secara online dan menerapkan sistem pre-order untuk pemesanan. 

Namun, mantan model asal Pangandaran ini pun berharap ke depannya bisa punya butik sendiri dalam menjual produk-produknya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com