Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/03/2024, 19:19 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Health,Byrdie

KOMPAS.com - Laki-laki berambut panjang atau gondrong seringkali memiliki penampilan yang lebih menarik dan banyak disukai oleh kaum hawa.

Tak heran, hal ini membuat laki-laki gondrong terlihat lebih percaya diri serta tidak takut untuk bereksplorasi dengan potongan rambutnya.

Kendati demikian, menumbuhkan rambut agar bisa gondrong tidaklah mudah karena membutuhkan waktu yang lama dan juga kesabaran.

Baca juga: Cara Tepat Merawat Rambut Gondrong dan Keriting

Lantas, berapa lama bisa membuat rambut gondrong? Simak penjelasan berikut ini.

Waktu untuk memanjangkan rambut

Sebenarnya tidak ada waktu atau durasi khusus yang dapat menentukan berapa lama kita dapat memanjangkan rambut.

Namun, dikutip dari laman Health pada Rabu (20/3/2024), biasanya rambut tumbuh rata-rata sekitar 1,2 cm setiap bulannya.

Ini berarti rambut tumbuh sekitar 0,3 cm setiap minggu, dan rambut kita bisa tumbuh sekitar 3 cm dalam tiga bulan.

Pada waktu tertentu, rambut kita juga berada dalam fase pertumbuhan yang berbeda. Mayoritas rambut secara aktif tumbuh sementara beberapa rambut berada dalam fase istirahat dan tidak tumbuh, dan beberapa rambut secara alami akan rontok.

Rambut tumbuh selama sekitar enam tahun sebelum rontok, dan normal untuk kehilangan sekitar 100 helai rambut setiap harinya.

Perlu dipahami juga bahwa ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi berapa lama rambut kita akan tumbuh lebih panjang. Beberapa di antaranya adalah faktor genetik, kesehatan, gaya hidup hingga lingkungan.

"Pendekatan holistik terhadap kesehatan adalah yang terpenting. Pilihan gaya hidup yang baik dan makanan organik berkualitas tinggi, primer, dan tidak diproses dapat berdampak positif pada pertumbuhan rambut," kata seorang dokter kulit bersertifikat di Tampa Bay, Florida, Dr Panos Vasiloudes, MD, PhD, seperti dikutip dari laman Byrdie.

Jika pertumbuhan rambut yang lambat menjadi masalah bagi kita, Vasiloudes merekomendasikan untuk mencari perawatan lebih lanjut dengan dokter atau ahlinya.

Baca juga: Berapa Lama Rambut Tumbuh Setelah Dipotong?

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com