Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samakah Abang None Jakarta dengan Ajang Beauty Pageant Lainnya?

Kompas.com - 25/03/2024, 12:12 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang pemilihan Abang None Jakarta 2024 akan segera dibuka beberapa bulan lagi, tepatnya pada bulan Juni mendatang. 

Banyak yang mengira, Abang None Jakarta merupakan ajang atau kontes kecantikan seperti ajang beauty pageant lainnya. 

Baca juga: Apa Saja yang Dilakukan Abang None Jakarta?

Namun, ternyata Abang None Jakarta tak hanya menjadi beauty pageant yang berfokus pada keindahan fisik saja.

Salah satu None Jakarta Selatan 2023, Amanda Andriana Havarani saat diwawancarai Kompas.com seusai acara TAMAN (Abang None Jakarta Ramadhan) 2024, di Senayan City, Sabtu (23/3/2024).KOMPAS.com/CHRISSTELLA EFIVANIA ROSALINE Salah satu None Jakarta Selatan 2023, Amanda Andriana Havarani saat diwawancarai Kompas.com seusai acara TAMAN (Abang None Jakarta Ramadhan) 2024, di Senayan City, Sabtu (23/3/2024).

Hal tersebut disampaikan salah satu None Jakarta Selatan 2023, Amanda Andriana Havarani.

“Menurutku, (Abang None Jakarta) ini lebih spesial sih, tidak seperti ajang kecantikan pada umumnya. Di sini kan kita memang dilatih dan dibentuk untuk menjadi representasi, bahkan duta pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya untuk DKI Jakarta,” ujar Amanda kepada Kompas.com, saat ditemui usai acara TAMAN (Abang None Jakarta Ramadhan) 2024, di Senayan City, Jakarta Selatan, Sabtu (23/3/2024). 

Amanda melanjutkan, ajang Abang None Jakarta juga merupakan salah satu duta pariwisata tertua, karena sudah ada sejak tahun 1968. 

Baca juga: Sering Tegas ke Pemain Teater Abang None, Maudy Koesnaedi: Sekarang Udah Enggak Seperti Dulu

“Menurut saya ada kebanggaan tersendiri, ketika seseorang jadi Abang None Jakarta. Soalnya, selain bisa jadi representasi DKI Jakarta di Jakarta sendiri, tapi bisa juga jadi representasi Jakarta di kancah nasional bahkan internasional,” lanjut Amanda. 

Hal serupa juga diungkap oleh Abang Kepulauan Seribu 2018, Nicholas Benito Siahaan. 

Salah satu Abang Kepulauan Seribu 2018, Nicholas Benito Siahaan, usai diwawancarai Kompas.com, di Senayan City, Sabtu (23/3/2024). KOMPAS.com/CHRISSTELLA EFIVANIA ROSALINE Salah satu Abang Kepulauan Seribu 2018, Nicholas Benito Siahaan, usai diwawancarai Kompas.com, di Senayan City, Sabtu (23/3/2024).

Nicho menyebutkan, menjadi Abang None Jakarta, tak sama dengan ajang beauty pageant lainnya.

“Enggak sama dengan beauty pageant lainnya, karena dari karantina pun, kami dilatih untuk jadi representatif Kota Jakarta. Dilatih untuk tahu kebudayaan-kebudayaan Jakarta, bahkan sampai dilatih untuk bisa nari yapong dan silat juga, loh,” ujar Nicho kepada Kompas.com, di kesempatan yang sama. 

Baca juga: Sejarah Abang None Jakarta, Awalnya Tanpa Abang

Nicho menjelaskan, Abang None Jakarta merupakan duta pariwisata dan ekonomi kreatif, yang bahkan bertugas untuk mendampingi para pejabat, seperti gubernur dan pejabat lainnya ketika berkunjung ke Jakarta. 

“Jadi ya, kami selain punya tanggung jawab untuk jadi duta dan representatif pariwisatanya DKI Jakarta, kami juga punya protokoler sebagai pendamping pejabat-pejabat DKI Jakarta,” pungkas Nicho.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com