Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berencana Mudik? Orangtua Wajib Siapkan MPASI Si Kecil

Kompas.com - 29/03/2024, 10:04 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Jika berencana mudik ke kampung halaman, orangtua dianjurkan menyuapkan makanan pendamping air susu ibu atau MPASI bagi anaknya sebagai persiapan sebelum melakukan perjalanan.

Sebab, menyiapkan MPASI memerlukan perencanaan yang baik. Apalagi, selama perjalanan mudik, kita sering dihadapkan pada situasi tak pasti, seperti kondisi jalan yang macet.

Baca juga:

Di saat yang saya, kita tidak tahu apakah ada tempat untuk menyiapkannya selain di mobil atau apakah bisa membeli makanan di tengah perjalanan.

"Harus dari awal melakukan perencanaan yang baik, persiapan MPASI harus direncanakan," ujar dokter spesialis anak dari dr Cipto Mangunkusumo Jakarta, Nastiti Kaswandani dalam pesan tertulis, Kamis (28/3/2024), seperti dikutip dari Antara.

Untuk mengantisipasi kondisi di jalan, Nastiti menyarankan membawa kotak pendingin untuk menyimpan bahan makanan sehingga bisa meminimalisasi risiko kerusakan makanan.

Selain itu, bawalah perlengkapan yang menunjang, misalnya penghangat nasi kecil.

"Bawa cool box untuk memastikan bahan makanan terjaga dengan baik, atau bawa alat masak sederhana yang bisa menghangatkan dan mengolah makanan, misal rice cooker kecil," tuturnya.

Baca juga:

Selain membawa, orangtua juga bisa membeli membeli bahan makanan segar untuk menyiapkan MPASI anak jika masih memungkinkan. Terutama jika mudik ke area yang berdekatan dengan pasar.

"Bisa beli bahan makanan sehat akan lebih baik karena menyiapkan makanan anak baik kalau dalam kondisi fresh," tutur Nastiti.

Selama mudik, Nastiti juga mengingatkan agar orangtua memperhatikan dengan betul pola makan anak selama perjalanan mudik. Pastikan anak mengonsumsi MPASI pada waktu yang sama untuk menghindari masalah kesehatan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com