Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gamis dengan Model Plisket dan Abaya Banyak Diminati untuk Lebaran

Kompas.com - 05/04/2024, 04:19 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perayaan Idul Fitri atau Lebaran rasanya belum lengkap tanpa memakai pakaian khas seperti gamis.

Gamis merupakan pakaian muslim yang sangat populer di Indonesia dan memiliki beragam model serta desain.

Berdasarkan pengamatan Kompas.com di Blok B Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, banyak pengunjung mulai berburu baju-baju Lebaran, salah satunya yang paling laris adalah gamis.

Baca juga:

Pedagang di Toko Arista Busana bernama Shinta, misalnya, mengatakan baju gamis bermotif paling dicari untuk Lebaran tahun ini.

Untuk modelnya sendiri, pedagang di Ririn Collection bernama Bella menyebutkan ada dua model gamis yang secara spesifik menjadi incaran para pembeli, yakni plisket dan abaya.

"Kalau model yang lagi naik daun itu plisket sama abaya," ujar Bella saat ditemui di Tanah Abang, Jakarta, Kamis (4/4/2024).

Ketika membeli, lanjut Bella, para calon pembeli biasanya melihat model bajunya terlebih dahulu, baru kemudian motifnya sebelum memutuskan apakah akan membeli.

"Kalau cocok baru motifnya nanti mengikuti tergantung selera masing-masing," lanjutnya.

Baju gamis dengan model plisket dan abaya jadi incaran para pengunjung di Blok B Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (4/4/2024).KOMPAS.com/RYAN SARA PRATIWI Baju gamis dengan model plisket dan abaya jadi incaran para pengunjung di Blok B Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (4/4/2024).

Adapun model gamis plisket menghasilkan pola seperti lipatan-lipatan, sedangkan abaya atau yang dikenal dengan "gamis arab" cenderung lurus dan panjang yang menutupi tubuh hingga bagian paling bawah.

Selain itu, menurut Bella, bahan gamis plisket dan abaya biasanya berbeda.

Baca juga:

Abaya umumnya menggunakan kain nida atau fursan, sementara gamis model plisket menggunakan ceruti atau satin yang memberikan kesan jatuh (flowy).

"Harganya beragam sih, dari Rp 250.000 sampai Rp 300.000, tergantung bahan dan gamisnya itu one set dengan hijab atau tidak," jelasnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com