Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baju Lebaran di Pasar Tanah Abang yang Jadi Incaran Orang Malaysia

Kompas.com - 09/03/2024, 19:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjadi pusat grosir dan belanja pakaian terbesar di Asia Tenggara membuat Pasar Tanah Abang selalu dipadati oleh pengunjung, terlebih saat Ramadhan.

Selain masyarakat lokal, pasar ini juga ramai didatangi pengunjung dari luar negeri seperti Malaysia.

Dalam beberapa tahun terakhir, orang-orang Malaysia memang kerap berbelanja busana Muslim terutama baju untuk Lebaran di pasar ini.

Bahkan, beberapa di antaranya juga membagikan video di media sosial TikTok yang memperlihatkan mereka berbelanja baju Lebaran dengan harga yang sangat terjangkau.

Lantas, baju-baju sepeti apa yang diminati oleh warga Malaysia tersebut? Berikut tren-nya.

Penampakan salah satu toko yang menjual aneka baju Lebaran untuk perempuan di Blok B Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (8/3/2024).KOMPAS.com/RYAN SARA PRATIWI Penampakan salah satu toko yang menjual aneka baju Lebaran untuk perempuan di Blok B Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (8/3/2024).

Baju Lebaran yang diincar orang Malaysia

Menurut Lisna, pedagang di Blok B Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, banyak warga Malaysia yang mencari setelan-setelan berbahan shimmer.

Hal itu juga diakui oleh pedagang bernama Khazanah yang lebih banyak menjual baju Lebaran dengan menggunakan bahan shimmer organza.

"Lumayan banyak sih kak orang Malaysia ke sini. Biasanya mereka mencari organza soalnya unik kan bahannya. Kalau warna masih tetap yang galaksi, jadi yang ada gradasi gitu," ucapnya kepada Kompas.com ketika ditemui pada Jumat (8/3/2024).

Sementara itu, pemilik toko Nourz bernama Nur menambahkan, orang Malaysia juga mulai mencari baju Lebaran yang bermotif.

Seperti beberapa koleksi di tokonya yang memiliki motif-motif etnik pun lumayan laris dibeli oleh para pengunjung dari negeri Jiran tersebut.

"Ya yang motif etnik ini kemarin (dibeli) sama orang Malaysia, yang warna hitam sama abu-abu," terangnya.

"Kebetulan mereka cuma beli yang motif etnik saja. Soalnya sekarang yang lagi in kan yang kayak gini, modelnya, motifnya," imbuh dia.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Belanja Baju Lebaran di Pasar Tanah Abang?

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com