Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/06/2024, 10:10 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Menurunkan berat badan sering kali menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang.

Beragam metode dan trik ditawarkan untuk membuat tubuh lebih langsing, mulai dari diet ketat hingga olahraga berat.

Namun, tahukah kamu bahwa sesuatu yang sederhana seperti air jahe bisa membantu dalam perjalanan penurunan berat badan?

Air jahe untuk obesitas

Air jahe membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme dan membakar kalori lebih banyak. Bahan ini juga bisa menekan nafsu makan, sehingga mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

Air jahe memiliki sifat memperlancar pencernaan dan mengurangi kembung. Efek anti-inflamasi jahe juga mendukung metabolisme yang lebih sehat, sementara sifat termogeniknya meningkatkan pembakaran lemak.

Namun minum air jahe saja tidak akan banyak berdampak. Kita harus menggabungkan air jahe dengan diet seimbang dan olahraga agar efektif mendukung upaya penurunan berat badan.

Baca juga: 8 Minuman yang Bantu Melancarkan Pencernaan, Ada Teh Jahe

Cara mengonsumsi air jahe

Cara terbaik mengonsumsi jahe adalah dengan menghancurkannya lalu menyeduhnya  ke dalam air panas dan meminum jus yang dihasilkan.

Kita hanya perlu merebus segelas air, lalu parut setengah jahe ke dalamnya, dan biarkan mendidih selama 10 menit. Saring airnya, tambahkan sedikit lemon dan satu sendok teh madu, lalu minum setiap hari.

Waktu terbaik mengonsumsi air jahe

Meskipun bisa diminum sepanjang hari dan lebih dari satu cangkir per hari, waktu terbaik untuk mengonsumsi air jahe adalah di pagi hari saat perut kosong. Orang dewasa sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari 4 gram jahe per hari.

Baca juga: Cara Bikin Minuman Detoks Jeruk dan Jahe untuk Turunkan Berat Badan

Dampak konsumsi berlebihan

Konsumsi jahe berlebihan dapat menyebabkan sendawa, diare, mulas, dan sakit perut. Jahe aman digunakan dalam jangka pendek, namun mengoleskan pasta jahe pada kulit tidak cocok untuk semua jenis kulit dan bisa menyebabkan iritasi dan peradangan.

Apakah aman mengonsumsi jahe mentah?

Ya, mengonsumsi jahe mentah umumnya aman dan memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk sifat anti-inflamasi dan pencernaan. Namun, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan mulas atau ketidaknyamanan perut.

Orang yang mengonsumsi obat tertentu atau memiliki kondisi kesehatan khusus harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menambahkan jahe mentah dalam jumlah besar ke dalam diet mereka.

Baca juga: Mengenal 7 Manfaat Teh Jahe untuk Kesehatan Menurut Para Ahli

Manfaat air jahe untuk hati dan ginjal

Mengonsumsi air jahe menawarkan banyak manfaat kesehatan, termasuk membantu pencernaan, mengurangi mual, dan menghilangkan ketidaknyamanan perut.

Sifat anti-inflamasinya membantu meredakan nyeri dan mengurangi peradangan, sementara antioksidan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Air jahe juga mendukung kesehatan kardiovaskular dengan meningkatkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, jahe dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme dan menekan nafsu makan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com