Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/06/2024, 09:39 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Sebagian orang Indonesia terbiasa mandi setidaknya dua kali sehari, pagi dan sore. Tapi ada juga orang yang terbiasa mandi satu kali saja dalam sehari, terutama jika tinggal di daerah yang dingin.

Nah, bagi yang mandi satu kali saja dalam sehari, kerap muncul pertanyaan: mana yang lebih baik, mandi pagi atau mandi sore?

“Tidak ada jawaban pasti bagi populasi global mengenai apakah lebih baik mandi sore atau mandi pagi,” kata dokter kulit Alok Vij, MD. “Setiap individu memiliki kebiasaan dan pilihan masing-masing.”

Baca juga: 9 Tips Mandi untuk Jaga Kebersihan dan Kesehatan

Lalu apa kelebihan keduanya?

Kelebihan mandi di pagi hari

Jika kamu memerlukan tambahan kesegaan dan semangat sebelum memulai hari, mandi di pagi hari mungkin lebih cocok. Berikut beberapa manfaat mandi di pagi hari:

  • Membersihkan tubuh. Seprai kita memiliki sisa sel kulit, keringat, dan bakteri. “Dengan mandi di pagi hari, kita membersihkan diri sebelum mengenakan pakaian baru dan keluar rumah,” kata Dr. Vij.
  • Membantu merasa lebih terjaga. Aliran air yang stabil membantu membangunkan kita dan membuat merasa lebih waspada. “Saya mandi di pagi hari untuk benar-benar bangun, untuk merasa hidup,” cerita Dr. Vij. “Saya merasa kurang segar jika belum mandi.”
  • Mempersiapkan kulit untuk perawatan. Mencuci muka saat mandi dapat membantu rutinitas perawatan kulit. “Mandi membantu membersihkan dan mempersiapkan kulit sebelum kita mulai menggunakan toner atau tabir surya untuk hari yang baru,” kata Dr. Vij.
  • Mengurangi kusut pada kulit dan rambut. Kulit kepala menghasilkan minyak sepanjang hari. Dan minyak melapisi rambut, menjaganya tetap berkilau. “Tetapi minyak yang menempel setelah tidur semalaman bisa membuat rambut menjadi kusut sehingga lebih sulit untuk ditata,” jelas Dr. Vij. “Mencuci rambut di pagi hari akan membantu mendapatkan 'aktivitas' segar sepanjang hari.”

Baca juga: 5 Manfaat Mandi bagi Tubuh dan Cara Tepat Melakukannya

Kelebihan mandi di sore atau malam hari

“Salah satu rekomendasi dari Society of Pediatric Dermatology dan American Academy of Pediatrics adalah agar orang tua memandikan anak mereka di sore hari sejak bayi untuk membantu membentuk siklus tidur yang normal,” jelas Dr. Vij.

Berikut beberapa manfaat mandi di sore hari:

  • Menghilangkan debu dan kotoran. “Mandi membantu membersihkan semua kotoran, racun lingkungan, dan polutan yang mungkin berdampak negatif pada kulit,” kata Dr. Vij.
  • Memudahkan kita untuk tidur. Seperti yang telah disebutkan, mandi di malam hari dapat menjadi bagian dari rutinitas malam hari dan membantu kita mendapatkan tidur malam yang nyenyak. “Pengondisian emosi merupakan keuntungan besar bagi sebagian orang,” kata Dr. Vij.
  • Menghilangkan sisa produk perawatan kulit. Selain menghilangkan kotoran dari tubuh, mandi di sore hari membantu menghilangkan produk perawatan kulit seperti tabir surya yang kita gunakan sepanjang hari. “Ini membantu kita tidur dengan bersih,” kata Dr. Vij.

Mana yang lebih baik?

Apakah kamu mau mandi di pagi hari, sore hari, atau keduanya, semua tergantung pilihan, kebutuhan, dan kebiasaan masing-masing.

Yang terpenting, mandi itu seharusnya membersihkan tubuh secara menyeluruh, namun kita tidak perlu melakukannya berlama-lama. Dr Vij mengatakan mandi sebaiknya berlangsung antara lima hingga 10 menit.

“Kita sebaiknya menggunakan air dingin atau hangat daripada air panas, dan menggunakan pembersih kulit yang lembut daripada sabun yang keras,” sarannya. “Lalu pastikan untuk melembabkan segera kulit setelah selesai mandi sebelum kulit benar-benar kering.”

Jadi, lebih baik mandi malam atau pagi hari? Secara keseluruhan, Dr. Vij mengatakan bahwa menentukan waktu terbaik untuk mandi terserah kebutuhan kita.

“Tidak ada waktu yang tepat untuk mandi. Kamu bisa memilih kapan pun waktu yang membuatmu merasa lebih baik. Itu adalah pilihan pribadi sehingga pilihlah apa yang cocok untukmu dan membuatmu bahagia.”

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Rasa Bahagia, Salah Satunya dengan Mandi

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com