Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riset: Membantu Pekerjaan di Rumah Menghasilkan Hubungan Lebih Romantis

Kompas.com - 04/07/2024, 08:25 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Ini pasti terdengar lucu, tetapi faktanya memang begitu: Jika kamu pernah mendengar bahwa kesediaan pasangan melakukan pekerjaan rumah tangga adalah bentuk foreplay yang menggairahkan, para peneliti psikologi University of Texas telah mengidentifikasi hubungan yang kuat antara keduanya. 

Penelitian menyebutkan bahwa suami atau istri yang berbagi rutinitas tugas sehari-hari di rumah akan menikmati kehidupan seks yang lebih memuaskan.

Sebuah penelitian di University of Texas di Austin menemukan bahwa stres sehari-hari adalah salah satu faktor paling umum yang menghalangi kehidupan romantis yang memuaskan secara konsisten.

Stres karena hal-hal kecil ini lebih berdampak pada kehidupan seksual. Dan umumnya stres seperti ini disebabkan pekeraan rumah tangga yang menumpuk, atau perasaan adanya ketidakadilan dalam pembagiannya.

Baca juga: Suami Tak Bantu Pekerjaan Rumah Tangga, Istri Pilih Selingkuh

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Psychology Bulletin pada 25 Maret 2024, berupaya menganalisis bagaimana stres memengaruhi keintiman pasangan, baik secara seksual maupun ekspresi fisik lainnya.

Untuk melakukan hal ini, mereka merekrut 144 pasangan yang baru menikah, dan tidak memiliki anak. Sekitar 18 bulan dan 30 bulan setelah menikah, para peserta diminta menyelesaikan survei harian selama dua minggu untuk menjawab pertanyaan tentang tingkat stres dan contoh keintiman mereka.

Apa yang ditemukan para peneliti tentang stres dan keintiman, secara umum, bukanlah suatu kejutan. 

“Kerepotan sehari-hari tampaknya menjadi prediktor yang lebih kuat terhadap perilaku seksual pasangan dibandingkan pengalaman pemicu stres yang hanya kadang-kadang muncul wala permasalahannya terdengar lebih berat,” kata mereka. 

Meningkatnya stres berarti lebih sedikit hubungan seks dan lebih sedikit momen kasih sayang fisik bagi pasangan —namun, tingkat stres yang menyebabkan masalah keintiman ini jauh lebih rendah dari yang mereka perkirakan.

Dengan kata lain, peristiwa-peristiwa bencana tidak mengurangi keintiman dan aktivitas seksual dibandingkan kerepotan sehari-hari mengurus rumah tangga.

Ilustrasi pasangan bahagia. interstid Ilustrasi pasangan bahagia.

Baca juga: 5 Cara Menegosiasikan Pekerjaan Rumah dengan Pasangan

Para peneliti menjelaskan hal ini dengan mengatakan, “Saat memulihkan diri dari hari yang penuh tekanan, individu lebih cenderung menghabiskan waktu secara emosional dan fisik untuk menarik diri dari pasangannya, sehingga menghambat sesi romantis dalam hubungan.” 

Perempuan tampaknya lebih cenderung melupakan keinginan berhubungan romantis karena tekanan-tekanan ini.

Selain itu, seorang suami atau istri yang bersedia membantu pekerjaan di rumah, menunjukkan perhatian dan kebersamaan, sehingga saat pekerjaan beres, pasangan lebih mungkin menikmati hasilnya dengan melakukan aktivitas berdua, termasuk bercinta.

Sementara bila pembagian kerja itu timpang, salah satu pasangan akan merasa diperlakukan tidak adil sehingga menyimpan dendam atau kemarahan, sesuatu yang mustahil berlanjut ke hubungan romantis.

Tim peneliti mengatakan hal ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan pada awal abad ini yang juga menemukan bahwa perempuan cenderung tidak melakukan aktivitas seksual pada hari-hari ketika mereka mengalami lebih banyak stres akibat pekerjaan rumah tangga.

Walau terdengar klasik, ini adalah pengingat yang baik bagi kedua belah pihak untuk ikut serta dan berbagi beban pekerjaan rumah sehingga ada lebih banyak waktu relaksasi bersama.

Perlu juga untuk diingat bahwa di dunia yang bergerak cepat saat ini, penting untuk berhenti sejenak dan mengingat bahwa waktu bersama yang saling mendukung adalah salah satu cara paling terbukti untuk memastikan hubungan yang panjang dan sehat. 

Tentu sulit mengajak pasangan bercinta bila mereka masih sibuk dengan pekerjaan rumah dan menggerutu karena dia merasa mengerjakan semuanya tanpa bantuan Anda.

Baca juga: Lakukan 7 Hal Ini agar Kehidupan Seks Lebih Bergairah

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com