Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/07/2024, 12:12 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Ketakutan, kekhawatiran, dan kegugupan yang menyertai kecemasan mungkin sulit untuk dikendalikan. Terapi dan pengobatan dapat membantu, terutama jika kamu mengalami gangguan kecemasan yang mengganggu kehidupan sehari-hari. 

Namun, pikiran atau perasaan cemas datang dan pergi seiring naik turunnya kehidupan. Untunglah kita dapat mengelola perasaan ini dengan lebih baik melalui beberapa solusi alami untuk mengatasi kecemasan. 

Cara alami mengatasi kecemasan

Berikut pengobatan rumahan untuk menghilangkan kecemasan yang dapat membantu.

Minum teh kamomil

Ilustrasi teh chamomile untuk membantu membakar lemak saat tidur.Freepik Ilustrasi teh chamomile untuk membantu membakar lemak saat tidur.
Senyawa kamomil (chamomile) dapat membantu meringankan gejala kecemasan, menurut sebuah penelitian kecil yang diterbitkan pada tahun 2016 di jurnal Phytomedicine. 

Riset mencatat bahwa “asupan kamomil aman, dengan sedikit efek samping ringan yang secara statistik dan klinis tidak dapat dibedakan dari plasebo.” 

Lebih baik lagi, penelitian tersebut menjelaskan bahwa tidak ada tanda-tanda efek samping seperti penambahan berat badan, yang dapat terjadi pada beberapa obat anticemas yang diresepkan secara tradisional.

Baca juga: 10 Makanan dan Minuman yang Dapat Mengurangi Kecemasan

Tambahkan omega-3 

Ilustrasi ikan tuna di atas piring saji. UNSPLASH/TAYLOR GROTE Ilustrasi ikan tuna di atas piring saji.
Ada beberapa bukti bahwa asam lemak omega-3 adalah salah satu solusi alami untuk mengatasi kecemasan. Tinjauan sistematis dan meta-analisis yang diterbitkan pada tahun 2018 di jurnal JAMA Network Open menilai potensi manfaat asam lemak tak jenuh ganda omega-3 (PUFA) untuk mengatasi kecemasan. 

Meskipun penulisnya mencatat bahwa lebih banyak uji klinis harus dilakukan, informasi mereka adalah “… bukti meta-analitik pertama, sepengetahuan kami, bahwa pengobatan omega-3 PUFA mungkin dikaitkan dengan pengurangan kecemasan.” 

Ikan berlemak seperti tuna dan salmon, kenari, dan biji rami merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik. 

Hirup aroma lavender

Ilustrasi lilin aromaterapi lavender. SHUTTERSTOCK/LARASATI NINDYA Ilustrasi lilin aromaterapi lavender.
Kamu mungkin pernah mendengar tentang minyak lavender sebagai salah satu dari banyak solusi alami untuk mengurangi kecemasan. Tapi apakah ini efektif? 

Jurnal The Mental Health Clinician edisi tahun 2016 menyatakan bahwa minyak esensial lavender memiliki “profil keamanan dan kemanjuran yang baik”. Oleh karena itu, mungkin berguna dalam pengobatan gejala kecemasan. 

Coba taruh beberapa tetes minyak esensial lavender di bantal atau bak mandi, atau tambahkan beberapa tetes ke dalam secangkir air mendidih dan hirup untuk meredakan kecemasan dengan cepat dan alami.

Baca juga: 10 Jenis Minyak Atsiri Terbaik untuk Redakan Stres dan Kecemasan

Tambahkan L-lisin ke dalam makanan

Illustrasi daging dan jeroan, ilustrasi makanan pantangan saat asam urat tinggiiStockPhoto/thesomegirl Illustrasi daging dan jeroan, ilustrasi makanan pantangan saat asam urat tinggi
L-lisin adalah asam amino dan salah satu bahan pembangun pembawa pesan kimiawi otak yang disebut neurotransmiter. Beberapa penelitian kecil mengaitkan L-lisin dengan pengurangan gejala kecemasan, termasuk penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Biomedical Research. 

Ditemukan bahwa kombinasi L-lisin dan L-arginin merupakan “intervensi pola makan yang berpotensi berguna pada manusia dengan tingkat stres mental dan kecemasan subjektif yang tinggi.” 

Makanan kaya protein seperti daging merah, ikan, dan keju mengandung L-lisin. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com