Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/07/2023, 15:53 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

Sumber Menshealth

KOMPAS.com - Beban hidup, entah karena problem di pekerjaan, masalah di rumah tangga, dan banyak hal lainnya, kerap berkontribusi dalam kecemasan yang kita alami.

Saking umumnya, kecemasan pun menjadi kondisi yang dialami oleh banyak orang, dari segala golongan, usia, dan latar belakang.

Nah, demi mengantisipasi kecemasan hadir dalam hidup, ternyata ada cara untuk mengatasinya, seperti dikutip dari laman Menshealth.

1. Bernapas dalam

Tahun 1970an ilmuwan dari Harvard bernama Herbert Benson membuktikan, melakukan pernapasan diafragma yang dalam sangat berguna untuk meredam kecemasan.

Teknik ini masih berfungsi hingga saat ini.

Baca juga: Apakah Kopi Bisa Memicu Kecemasan?

Beberapa praktisi yoga dan ahli kesehatan lainnya merekomendasikan teknik pernapasan ini untuk mengobati masalah kecemasan.

Dasar dari semuanya adalah pernapasan diafragma.

Kita merasakan pernapasan dasar, di mana diafragma adalah tempat udara yang kita hirup bisa terasa alirannya bergerak masuk dan keluar, bukan merasakan dada yang naik dan turun.

2. "Saya bahagia"

Jika perasaan mulai gelisah, mengatakan "saya tenang" pada diri sendiri tak akan memberi manfaat.

Sebaiknya, beri sugesti kepada diri dengan mengatakan "saya bahagia" agar kita bisa menghadapi situasi yang membuat stres.

Penelitian dari Harvard juga menemukan orang memiliki kinerja lebih baik dalam berbicara di depan umum dan bidang matematika, ketika berbicara tentang kegembiraan kepada diri sendiri.

Peserta dalam riset mengatakan "saya senang" sebelum berbicara di depan umum dan mengatakan "ayo semangat" sebelum mengerjakan soal matematika.

Teknik ini bahkan membuat orang lebih baik saat bernyanyi.

Riset membuktikan, orang yang semangat memiliki nada, ritme, dan volume yang lebih baik daripada mereka yang diminta untuk mengatakan dirinya dalam keadan cemas, tenang, marah atau sedih.

Baca juga: 5 Makanan yang Ampuh Redakan Kecemasan Menurut Psikiatri Gizi

3. Lakukan mindfulness

Riset di tahun 2010 membuktikan mafaat mindfulness untuk mengatasi kecemasan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com