Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/06/2017, 11:13 WIB
Haris Prahara

Penulis


KOMPAS.com – Seorang berkepribadian tertutup atau introvert acap kali sungkan menghadiri acara dengan banyak orang, misalnya silaturahim keluarga saat Lebaran. Sesungguhnya ada kiat yang dapat dilakukan introvert agar merasa nyaman berada dalam situasi ramai.

Sebagaimana dikutip laman Life Hacker, berikut sejumlah tips agar introvert tetap eksis saat menghadiri silaturahim keluarga.

1.  Buat tujuan yang jelas

Sebelum berangkat, ada baiknya seorang introvert menetapkan tujuan dari acara yang akan dihadiri tersebut. Itu akan membuat introvert merasa lebih nyaman saat bersosialisasi dalam acara silaturahim.

Tanamkan dalam pikiran bahwa kehadiran Anda adalah memang untuk bertemu anggota keluarga. Dengan begitu, pikiran Anda dapat tetap fokus dan menghindari banjirnya stimulus eksternal saat silaturahim berlangsung.

2.  Penuhkan energi

Untuk kenyamanan saat silaturahim, pastikan Anda meluangkan waktu untuk diri sendiri sebelum keberangkatan. Cobalah untuk membaca buku, menonton televisi, atau lakukan apa pun yang membuat Anda rileks.

Saat merasa telah cukup energi, barulah Anda datang ke acara silaturahim tersebut. Demikain pula, setelah menghadiri silaturahim itu, pastikan Anda memiliki waktu untuk memulihkan kembali energi Anda.

3.  Cari tempat berlindung

Ya, sebagai seorang introvert, tak mudah memang untuk berlama-lama dengan kerumunan orang.

Karena itu, ketika tiba di tempat silaturahim, segera carilah tempat untuk mengasingkan diri sejenak. Tempat itu antara lain toilet, dapur, atau mungkin tempat parkir.

Dengan “bersembunyi” sejenak saat acara, Anda dapat melepaskan stimulus berlebih dalam diri.

4.  Terima kondisi

Hadapilah dan anggaplah ajang silaturahim sebagai bagian dari kehidupan.

Mulailah perbincangan ringan dengan anggota keluarga yang paling dikenal untuk membuat Anda nyaman. Dengan awal yang baik, Anda akan menemukan ritme agar sukses bertahan lama dalam silaturahim itu.

5.  Siapkan rencana pulang

Bagi seorang introvert, hal buruk yang mungkin terjadi saat silaturahim adalah terjebak di sana dan kesulitan untuk pulang.

Anda sesungguhnya ingin pulang ketika energi telah habis, tetapi terjebak dalam kerumunan pembicaraan. Paling tidak, cobalah untuk memiliki cara alternatif pulang, seperti izin ke toilet sambil bersiap untuk pulang.

Dengan rencana pelarian,  Anda juga akan terbantu untuk menghilangkan tekanan saat acara silaturahim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com