Seberapa Banyak Anak Boleh Mengonsumsi Minuman Manis? - Kompas.com

Seberapa Banyak Anak Boleh Mengonsumsi Minuman Manis?

Ayunda Pininta
Kompas.com - 30/04/2017, 13:10 WIB
Ilustrasi.

KOMPAS.com - Terlalu banyak gula terbukti dapat menyebabkan kerusakan gigi dini, risiko diabetes tipe 2, hingga penyakit jantung di kemudian hari. Tetapi, bukan berarti anak sepenuhnya dilarang untuk konsumsi minuman manis.

Sekitar dua-pertiga anak-anak mengonsumsi setidaknya satu porsi jus buah kemasan, minuman manis dengan perasa, serta soda, menurut sebuah penelitian terbaru dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Dan hampir seperempat dari anak-anak berusia 12 sampai 19 tahun ditemukan telah memiliki gejala diabetes tipe 2 atau pradiabetes, menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics.

"Kami tidak berbicara tentang penyakit orang-orang di usia lanjut," kata Shawn McIntosh, direktur eksekutif Sugar Free Kids Maryland. "Ini adalah tentang anak-anak yang bahkan belum menerima ijazah sekolah tinggi."

Untuk hidup sehat dan panjang umur, anak-anak harus lebih aktif dan makan makanan dengan nutrisi baik. Termasuk mendapatkan lebih sedikit kalori dari gula tambahan dari makanan atau minuman manis, CDC mengatakan.

Untuk terhindar dari penyakit berbahaya akibat kelebihan gula, The American Diabetes Association menyarankan orangtua untuk memastikan anak-anak mereka mengonsumsi makanan sehat, bergerak atau berolahraga setiap hari, memeriksa glukosa darah setidaknya setahun sekali.

Untuk konsumsi minuman manis kemasan, satu sampai dua porsi seminggu tak akan membahayakan kesehatan anak-anak, tapi mengonsumsi lebih dari dua porsi bisa berbahaya, McIntosh mengatakan.

Selain peningkatan risiko penyakit, konsumsi minuman ini membuat anak-anak lebih sulit untuk memertahankan berat badan yang sehat dan mudah sekali menjadi obesitas.

Dua porsi minuman manis kemasan dalam seminggu dianggap kurang? McIntosh merekomendasikan orangtua untuk menggantinya dengan minuman sehat sederhana, yaitu mengonsumsi buah kaya air, seperti semangka.

Atau bisa juga sajikan irisan buah dengan sensasi menyegarkan, seperti jeruk, lemon, stroberi maupun nanas ke dalam air dingin. Minuman dingin dapat membuat keinginan minum manis anak terpuaskan.

 

PenulisAyunda Pininta
EditorBestari Kumala Dewi
SumberMSN.com
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM