Lebih Percaya Diri dan Seksi dengan Busana Merah - Kompas.com

Lebih Percaya Diri dan Seksi dengan Busana Merah

Iwan Supriyatna
Kompas.com - 10/07/2017, 19:15 WIB
Deretan gaun merah terbaik di ajang Golden Globe 2015.INSTYLE.COM Deretan gaun merah terbaik di ajang Golden Globe 2015.

KOMPAS.com - Gaya berpakaian memengaruhi kepercayaan diri dan daya tarik bagi orang lain. Tak terlepas dari itu adalah warna yang dipakai. Ketika kita melihat warna merah, kita akan melihat sesuatu yang terkait dengan hasrat, cinta, bahkan seks.

Hal tersebut dibenarkan oleh sejumlah peneliti Jerman yang menyimpulkan bahwa memakai pakaian berwarna merah dapat memunculkan percaya diri yang tinggi dan daya tarik seksual.

Dalam studi yang dipublikasikan di European Journal of Social Psychology, terungkap bahwa orang yang memakai pakaian merah akan merasa lebih menarik secara fisik dan reseptif secara seksual, dibandingkan dengan mereka yang memakai warna biru.

Hal ini didasarkan pada keyakinan bahwa benda berwarna merah lebih menarik perhatian. Penilaian kita pada sebuah objek juga terasa lebih jelas melalui warna merah.

Baca: 10 Hal Yang Terbukti Membuat Anda Lebih Menarik

Anne Berthold, penulis studi dari Universitas Zurich menjelaskan dirinya terinspirasi mempelajari efek warna merah dari penelitian yang dilakukan Andrew Elliot.

"Saya membaca artikel Elliot dkk tentang efek merah, saya memutuskan untuk melakukan seminar praktis tentang efek warna. Kami membahas banyak gagasan dalam seminar dan beberapa di antaranya diarahkan pada persepsi diri sendiri," katanya.

Dalam penelitian Elliot di tahun 2008, dia menemukan wanita yang memakai warna merah dinilai secara signifikan lebih menarik dan diminati secara seksual oleh pria, dari pada ketika ia memakai warna lain.

Wanita-wanita ini juga lebih cenderung banyak menerima undangan ke pesta saat mengenakan pakaian merah.

Efek warna merah hanya dirasakan oleh laki-laki dan hanya persepsi daya tarik, yang berarti merah tidak meningkatkan daya tarik untuk wanita ketika menilai wanita lainnya.

Baca: Cara Konyol Agar Terlihat Lebih Menarik

Dua tahun kemudian, Elliot melakukan penelitian lain untuk melihat apakah memakai warna merah mempengaruhi ketertarikan fisik dan seksual yang dirasakan wanita terhadap pria.

Rupanya, pria yang mengenakan warna merah dianggap berpenampilan bagus dan memiliki daya tarik seks. Orang-orang ini juga dipandang lebih tinggi statusnya, cenderung menghasilkan uang, dan memiliki strata sosial lebih baik.

Untuk membuktikan penelitiannya, para peserta penelitian diminta mengenakan kaos merah dan biru. Mereka lantas ditempatkan di bilik yang dilengkapi dengan cermin lalu setelah melihat dirinya di cermin mereka mengisi survei tentang daya tarik pribadi.

Hasilnya didapati peserta menganggap dirinya lebih atraktif saat mengenakan warna merah dibanding memakai warna biru. "Kami menemukan bahwa orang bisa merasa lebih menarik saat memakai baju merah," kata Berthold.

Namun, dirinya mengingatkan efek merah tidak selamanya menguntungkan semua orang. Misalnya, beberapa orang bisa merasa lebih buruk saat mengenakan warna merah karena mereka merasa semua mata tertuju padanya.

Efek menarik tadi juga dianggap akan luntur jika seseorang memilih warna merah setiap hari.

Baca: Terungkap, Rahasia Pria Supaya Tampak Lebih Seksi

PenulisIwan Supriyatna
EditorLusia Kus Anna
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM