Tubuh Pria Penyuka Sayuran Lebih Wangi - Kompas.com

Tubuh Pria Penyuka Sayuran Lebih Wangi

Kahfi Dirga Cahya
Kompas.com - 16/08/2017, 12:56 WIB
IlustrasiKOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Ilustrasi

KOMPAS.com - Semua wanita tentu senang berdekatan dengan pria yang tubuhnya wangi dan segar.  Meski tidak mengandalkan parfum, ternyata pria penyuka sayuran dan buah-buahan cenderung lebih wangi dan disukai wanita.

Dibanding pria penyuka karbohidrat tepung, seperti roti, nasi, atau pasta, penelitian mengungkap bahwa pemakan bahan pangan nabati lebih wangi. Aroma tubuh yang wangi ini bahkan tetap tercium meski mereka habis berolahraga.

"Bau tubuh adalah komponen penting dari daya tarik, terutama untuk wanita," kata Ian Stephen, salah satu peneliti yang hasil risetnya dipublikasikan di Evolution and Human Behavior.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang hubungan antara daya tarik dan aroma tubuh, periset meneliti 43 pria dan mengukur berapa banyak buah dan sayuran yang mereka makan, menggunakan tes kulit yang disebut spektrofotometer. Alat itu mendeteksi jumlah karotenoid di dalam kulit.

Karotenoid merupakan pigmen yang ditemukan pada buah dan sayuran berwarna merah, kuning dan oranye. Pigmen ini memiliki dampak positif bagi kulit bila cukup dikonsumsi.

Selanjutnya, tim peneliti memberi mereka kaos yang bersih dan tidak diberi wewangian dan meminta mereka untuk berolahraga.

Kemudian sembilan wanita diminta mencium keringat pada pakaian yang sudah digunakan untuk berolahraga. Hasilnya, keringat pria yang makan lebih banyak buah dan sayuran ternyata tetap segar.

"Wanita pada dasarnya menemukan bahwa pria yang makan lebih banyak sayuran memiliki bau badan yang lebih baik," kata Stephen.

PenulisKahfi Dirga Cahya
EditorLusia Kus Anna
Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM