Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ladies, Ini 5 Hal yang Harus Diketahui Tentang Tubuhmu

Kompas.com - 27/03/2018, 12:20 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seberapa jauh kamu mengenal tubuhmu sendiri, ladies? Meski setiap hari merawat tubuh, namun terkadang ada sejumlah hal penting yang tak diperhatikan oleh perempuan.

Misalnya soal penyakit tertentu. Sebanyak 177.000 perempuan Inggris didiagnosa menderita kanker setiap tahunnya dan satu dari dua orang telah didiagnosa menderita kanker seumur hidupnya.

Karena itu, lebih baik sadar dari awal dari pada terlambat, kan? Namun, yang harus kamu cek tak hanya itu.

Dr Eleanor Atkins, tenaga klinis di Bupa UK, mencatat beberapa hal yang harus disadari seorang perempuan terhadap tubuhnya. Tanda-tanda fisik tersebut menurutnya harus diwaspadai.

1. Periode menstruasi berantakan
Banyak orang lupa dengan tanggal pasti mereka menstruasi setiap bulannya. Selain itu, tanggalan tersebut seringkali juga berubah dari bulan sebelumnya.

Namun, mencatat betul tanggal menstruasi setiap bulannya sangat penting. Sehingga kamu tahu jika ada hal yang salah.

"Jika menstruasi lebih sedikit atau lebih pendek dari biasanya, ini bisa menjadi sinyal bahwa seseorang kelelahan secara fisik atu mental. Bisa disebabkan karena olahraga terlalu banyak, diet ketat atau stres," kata Dr Atkins.

Namun, pendarahan yang tidak rutin juga bisa menjadu gejala serius. Jika darah menstruasi lebih banyak dan lebih lama dari biasanya, pendarahan di tengah-tengah jadwal haid rutin atau pendarahan setelah melakukan hubungan seksual, seseorang dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter. Sebab, kondisi tersebut bisa menjadi tanda kanker serviks.

Catatlah kapan menstruasimu dimulai dan selesai atau gunakan aplikasi digital yang memudahkanmu mencatat siklus tersebut.

2. Kondisi payudara
Secara rutin mengecek kondisi payudara bisa menjadi deteksi dini kanker payudara.
Namun, terkadang mereka baru melakukannya saat merasakan ada hal yang tak biasa.

"Karena pengaruh hormon, payudara bisa terasa berbeda di berbagai waktu dalam sebulan. Jadi, penting untuk melakukan pengecekan pada waktu yang sama di setiap bulannya," kata Atkins.

Atkins merekomendasikan pengecekan payudara seminggu setelah hari pertama menstruasi. Pastikan kamu memeriksa dari bagian tengah dada hingga ketiak. Normal ketika payudara sedikit nyeri pada masa menstruasi.

Namun, jika ada tanda-tanda benjolan atau perubahan tekstur kulit dan puting, penting untuk melakukan pengecekan medis.

(Baca juga: Benda di Sekitar Kita yang Bisa Jadi Pemicu Kanker)

3. Seberapa sering pergi ke kamar kecil
Atkins menjelaskan, setiap orang memiliki kebiasaan berbeda soal frekuensi menggunakan toilet. Ini bukan hal yang perlu dicemaskan.

Namun, perhatikan lah seberapa sering kamu buang air kecil dan besar serta apa yang dikeluarkan. Hal ini penting untuk memahami fungsi tubuh.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com