Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/05/2018, 19:04 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Merayakan hari jadinya yang ke-3, AEON Mal BSD City menghadirkan berbagai acara sepanjang bulan Mei 2018 yang menampilkan budaya tradisional Jepang.

Bertemakan festival pasar malam Jepang, para pengunjung juga dapat menikmati dekorasi Yagura (Menara Bon Odori) atau salah satu tarian rakyat yang populer di Jepang, dan juga lentera.

Tradisi Jepang lainnya adalah Yosakoi, seni tari khas kota Kochi di perfektur Kochi, Jepang. Hadir pula Yosakoi Naruko Odori "Hyakka Ryouran" atau duta Yosakoi untuk Indonesia.

Senior Manager Operation mal AEON BSD City, Juanita Rustandi, mengatakan, keunikan yang dimiliki mal AEON sebagai pusat perbelanjaan asal Jepang, akan lebih ditonjolkan dalam perayaan ulang tahun yang ke-3  ini.

“Kami ingin memperkenalkan budaya Jepang kepada customer dengan menghadirkan berbagai pengisi acara tradisional Jepang serta mengadakan kompetisi seperti ‘AEON MALL Yosakoi Competition’ yang merupakan kompetisi Yosakoi pertama di Indonesia,” kata Juanita.

Acara lain yang sayang untuk dilewatkan antara lain penampilan tabuhan drum asal Okinawa persembahan dari U-maku Eisa Shinka Indonesia.

Penampilan tradisional khas Jepang tersebut dikombinasikan dengan budaya pop Jepang lainnya seperti cosplay hingga para idola J-Pop Band.

Budaya Jepang lainnya adalah pertunjukan melukis Shodo, yakni kaligrafi Jepang di atas kertas  berukuran 8 meter dengan kuas shodo besar.

AEON juga mengundang artis Nachu yang merupakan mantan personil SDN48 dan cosplayer internasional asal Malaysia, Ying Tze yang akan menjadi salah satu juri ‘Cosplay & Costreet Competition’ .

Ditambah akan ada Teater Enjuku sebagai salah satu performer. Teater Enjuku merupakan kelompok seni teatrikal yang memakai bahasa Jepang dalam teks dan skenario pada pagelaran musikalnya.
 
Untuk semakin memeriahkan ‘pasar malam’ ini, akan ada berbagai permainan tradisional khas Jepang seperti Yoyo Tsuri, Ningyo Sukui, Origami Workshop dan lain sebagainya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com