Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wahai Pria, Jangan Abaikan 5 Gejala Kesehatan Ini

Kompas.com - 22/07/2019, 13:06 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Banyak pria yang malas memeriksakan ke dokter, tetapi kelima gejala ini seharusnya jadi pengecualian.

Terkadang gejalanya sepele, seperti gatal-gatal atau otot terasa sakit. Namun, jika gejalanya menetap atau kamu memperhatikan adanya pola tertentu, mungkin itu adalah sesuatu yang serius dan perlu segera ke dokter.

1. Benjolan yang tak kunjung hilang
Kamu mungkin merasa itu hanya jerawat atau tahi lalat, dan beberapa orang berusaha menghilangkannya dengan pisau cukur, sehingga akan membuatnya berdarah.

Menurut American Cancer Society, jerawat misterius itu bisa berupa karsinoma sel basal, suatu bentuk kanker kulit yang dapat diobati. Benjolan ini lebih banyak menyerang pria daripada wanita.

Dijelaskan oleh dokter kulit Whitney Bowe, MD, dari Rumah Sakit Mount Sinai di New York City, spot biasanya muncul pada kulit kepala, kelopak mata, ujung telinga, dan punggung, terutama jika kamu sering beraktivitas diluar ruangan.

"Sel basal cenderung tidak menyebar dengan cepat seperti halnya melanoma, tetapi semakin lama menunda untuk berkonsultasi dengan dokter, semakin bisa membuat bekas luka," kata Bowe.

Baca juga: Mengenal Gejala dan Jenis Diabetes

2. Masalah buang air kecil
Mendadak kamu sering keluar masuk kamar mandi hanya untuk buang air kecil di malam hari atau merasa sakit saat berkemih.

Ahli urologi Ryan Berglund, MD, dari Klinik Cleveland, mengatakan prostat yang membesar sering disalahkan sebagai penyebabnya. Kondisi ini memang terjadi pada setengah pria.

Walau sebagian besar keluhannya bisa sembuh sendiri, tetapi yang lain membutuhkan obat-obatan untuk mengurangi ketidaknyamanan.

Ada juga pria yang memerlukan pembedahan untuk mencegah komplikasi dari penyumbatan seperti kerusakan ginjal.
Buang air kecil bermasalah juga dapat menandakan masalah lain, termasuk diabetes, atau dalam kasus yang jarang terjadi, yakni kanker prostat.

Baca juga: Belajar dari Arswendo, Ini Tanda Kanker Prostat yang Harus Diwaspadai

3. Gampang marah
Belakangan ini kamu merasa sulit mengontrol emosi, gampang marah, sedikit-sedikit tersinggung, dan ingin melakukan perilaku beresiko.

Gejala depresi dapat menimbulkan gejala seperti ini pada pria. Mayoritas pria memang tidak menunjukkan apa yang sedang mereka rasakan.

"Ketika depresi mereka justru jadi pemarah daripada merasakan sedih. Atau minum alkohol lebih banyak dan mengemudi dengan kecepatan tinggi,” kata Michael Addis, PhD, seorang profesor psikologi di Universitas Clark di Worcester, MA.

Meski bisa mengonsumsi obat antidepresan, cobalah melakukan aktivitas fisik.

Menurut Addis, kadar vitamin B12 dan D yang rendah juga dikaitkan dengan depresi. Nyeri kronis dan diabetes juga dikaitkan dengan mood yang berantakan.

Baca juga: Gampang Marah, Gejala Depresi yang Jarang Diketahui

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com