Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/09/2019, 14:12 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kian banyak merek busana berlomba-lomba terlibat dalam menjaga lingkungan. Banyak langkah yang ditempuh, satu di antaranya Gucci yang mengumumkan rantai pasokannya kini bebas karbon (carbon neutral).

Konsep bebas karbon merupakan sistem yang bertujuan bebas dari gas rumah kaca atau jejak karbon.

Dilansir laman Highsnobiety, rumah mode mewah tersebut mengungkapkan tengah melaksanakan serangkaian proyek REDD+ untuk menghindari, mengurangi, memulihkan, dan mengimbangi emisi gas rumah kaca.

Gucci merupakan salah satu merek mewah pertama yang mengadopsi Environmental Profit and Loss yang mencakup strategi keberlanjutan 10 tahun, mulai dari 2015 hingga 2025.

Targetnya, Gucci bisa mengurangi emisi gas rumah kaca hingga 50 persen. Ada pun kini perusahaan mode di bawah grup Kering itu sudah mencapai pengurangan 16 persen emisi gas rumah kaca di seluruh rantai pasokannya sejak 2015.

"Era baru akuntabilitas perusahaan ada pada kita, dan kami harus konsisten dalam mengambil semua langkah untuk mengurangi dampak, termasuk menjadi transparan dan bertanggung jawab atas emisi gas rumah kaca di seluruh rantai pasokan," kata Marco Bizzarri, Presiden dan CEO Gucci.

Bizzari melanjutkan, guna mengatasi kebutuhan akan solusi mendesak, Gucci menetapkan contoh baru yang ambisius melalui komitmen bebas karbon. Hal ini, lanjut Bizzari, didasarkan pada strategi untuk memastikan Gucci memperhitungkan semua emisi gas rumah kaca di seluruh rantai pasokan.

"Pertama-tama menghindari, mengurangi, dan memulihkan, serta kemudian mengimbangi emisi yang tidak dapat dihindari melalui proyek-proyek penting REDD+," katanya.

Prioritas pertama Gucci untuk bebas karbon adalah untuk mengimplementasikan inisiatif di sekitar bahan alternatif yang berdampak rendah dan berkelanjutan, sumber yang berkelanjutan, dan efisiensi manufaktur, sehingga dapat mengurangi dampak di seluruh rantai pasokan.

Baca juga: Replika Gaun Gucci Kate Middleton Dijual Cuma Rp 1,4 Juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com