Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

150 Penampil Ramaikan Solo Batik Carnival 2022 usai 2 Tahun Vakum

Kompas.com - 08/07/2022, 05:48 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pagelaran Solo Batik Carnival (SBC) 2022 akhirnya kembali digelar setelah dua tahun terhenti karena pandemi Covid-19, Kamis (7/7/2022).

Tahun ini, hajatan tahunan wong Sala tersebut dihelat bebarengan dengan penutupan Trade Industry and Investment Working Group (TIIWG) G20 yang digelar di Solo pada 6-7 Juli 2022.

Tercatat sebanyak 150 penampil memeriahkan Solo Batik Carnival 2022. Mereka tampil dengan sederet busana batik yang sudah dimodifkasi dengan nuansa modern dan kreatif.

Awalnya mereka diberi kesempatan untuk memamerkan busana terbaiknya di sepanjang Jalan Bhayangkara, tepatnya di depan Stadion R. Maladi Sriwedari, yang menjadi titik mulai karnaval.

Penampil kemudian melakukan freestyle sembari menunggu kedatangan Menteri Investasi/ Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia, dan Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabumimg Raka.

"Ini memang ada singa-singaannya (Merlion di Singapura) gitu," kata salah satu peserta anak kecil yang malu-malu menyebutkan namanya.

Peserta Solo Batik Carnival 2022 ketika memerakan busananya di Jalan Bhayangkara, Stadion R. Maladi Sriwedari, Kamis (7/7/2022).Yefta Christopherus/ Kompas.com Peserta Solo Batik Carnival 2022 ketika memerakan busananya di Jalan Bhayangkara, Stadion R. Maladi Sriwedari, Kamis (7/7/2022).

"Dari tadi pagi (persiapannya). Make (busana) lama karena enggak bisa sendirian. Ini lebih ke bunga," tambahnya.

Di sini, aksi 100 penampil disaksikan langsung oleh delegasi TIIWG G20 dari 39 negara dan rombongan Puteri Indonesia 2022 yang hadir terlebih dahulu.

Dengan diiringi soundtrack Solo Batik Carnival dan sejumlah tembang, mereka berjejer beriringan sebelum berjalan sejauh kurang lebih empat kilometer menuju Balaikota Surakarta.

Lokasi tersebut memang dipilih sebagai titik finish sekaligus untuk menjamu delegasi dalam sebuah gala dinner menutup TIIWG G20.

Peserta Solo Batik Carnival 2022 tengah menunggu kedatangan Menteri Investasi/ Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka yang datang berkuda dari Loji Gandrung, Kamis (7/7/2022).Yefta Christopherus/ Kompas.com Peserta Solo Batik Carnival 2022 tengah menunggu kedatangan Menteri Investasi/ Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka yang datang berkuda dari Loji Gandrung, Kamis (7/7/2022).

Usung nuansa berbeda

Solo Batik Carnival selalu mengusung nuansa yang berbeda di setiap perhelatannya. Tahun ini, karnaval turut diramaikan oleh delegasi TIIWG G20 yang berasal dari 39 negara.

Dengan berpakaian batik, mereka disuguhkan dengan berbagai motif wastra yang menjadi warisan nusantara.

Di sisi lain, mereka juga dimanjakan dengan kereta kencana dan andong yang membawanya menyusuri Jalan Slamet Riyadi selama Solo Batik Carnival berlangsung.

Pemerintah Kota Surakarta memang menyediakan 30 kereta kencana dan andong berkapasitas 3-4 tempat duduk yang siap mengangkut seluruh anggota delegasi TIIWG G20.

Gibran Rakabuming Raka (kanan) tengah berkuda bersama Menteri Investasi/ Kepala BKPM Bahlil Lahadalia (kiri) di Jalan Slamet Riyadi dalam Solo Batik Carnival 2022, Kamis (7/7/2022).Dokumentasi Pemerintah Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka (kanan) tengah berkuda bersama Menteri Investasi/ Kepala BKPM Bahlil Lahadalia (kiri) di Jalan Slamet Riyadi dalam Solo Batik Carnival 2022, Kamis (7/7/2022).

Gibran berkuda

Suguhan lain yang ditunjukkan dalam Solo Batik Carnival 2022 adalah pertunjukkan berkuda dari Gibran Rakabuming Raka bersama Bahlil Lahadalia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com