Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Atasi Diare Anak dengan Cara Berikut

Kompas.com - 25/10/2022, 17:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Inge Shafa Sekarningrum dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Diare adalah salah satu gangguan pencernaan yang menyebabkan buang air besar encer. Hal ini membuat seseorang tidak nyaman selama beberapa jam atau hari, setelah itu gejalanya akan membaik.

Dalam beberapa kasus, bisa bertahan lebih lama. Hal ini tentu bisa membuat orang tidak nyaman, terlebih pada anak-anak.

Diare bisa membuat anak sangat tidak nyaman, namun Moms jangan khawatir karena bisa diobati secara efektif dengan istirahat dan pengobatan rumahan.

Pada siniar Obrolan Meja Makan bertajuk “Bahan Alami Mengatasi Diare Pada Anak” yang dapat diakses melalui dik.si/OMM_DiareAnak dijelaskan beberapa bahan alami dapat meredakan diare.

Meskipun diare sering hilang dengan sendirinya, berikut beberapa cara bisa dilakukan di rumah untuk dapat meredakan gejala dan mempercepat pemulihan dilansir dari Medical News Today.

Rehidrasi

Menghidrasi tubuh sangat penting untuk pulih dari diare karena diare menyebabkan seseorang kekurangan cairan, termasuk air.

Hal ini menyebabkan tubuh kehilangan elektrolit seperti natrium dan klorida.

Untuk mendukung pemulihan, sangat penting untuk mengembalikan cairan. Jika tidak, seseorang bisa mengalami dehidrasi.

Baca juga: Ini Dia Pentingnya Berkomunikasi dengan Anak

Dehidrasi bisa berbahaya pada anak-anak dan orang dewasa yang lebih tua, jadi sangat penting untuk mendorong mereka minum air jika mereka mengalami diare.

Minum air adalah langkah pertama untuk rehidrasi. Seseorang juga dapat membuat larutan rehidrasi oral dengan mencampurkan 1 liter air dengan setengah sendok teh garam dan 6 sendok teh gula.

Mengkonsumsi gula dan garam dengan air juga dapat membantu usus menyerap cairan lebih efisien. Solusi ini lebih efektif merehidrasi tubuh setelah serangan diare daripada air saja.

Minuman lain juga bisa bermanfaat. Misalnya, minum minuman olahraga seperti isotonik dapat membantu rehidrasi tubuh dan memulihkan kalium dan natrium. Jus buah juga dapat membantu memulihkan kalium.

Baca juga: Masalah Kesehatan Mental itu Nyata

Hindari minuman yang akan semakin mengiritasi saluran pencernaan, seperti

  • minuman berkafein,
  • alkohol,
  • minuman berkarbonasi, dan
  • minuman yang sangat panas.

Hindari Makanan-Makanan Tertentu

Saat diare, sebaiknya menghindari makanan yang dapat mengiritasi atau memberi tekanan pada saluran pencernaan, seperti

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com