Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta-fakta tentang Serum Bulu Mata yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 22/11/2022, 05:22 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain serum wajah, kini serum bulu mata (lash serum) juga banyak diminati oleh perempuan untuk merawat bulu mata agar lebih lentik dan tidak mudah rontok.

Bahkan, menurut data dari Exploding Topics, video mengenai serum bulu mata terbaik di aplikasi TikTok menjadi salah satu yang paling trending, dengan peningkatan hingga 170 persen dalam enam bulan terakhir.

Nah, serum bulu mata diklaim memiliki banyak manfaat untuk menjaga dan merawat bulu mata kita tetap cantik, tetapi ada beberapa hal yang penting yang perlu diketahui seperti bagaimana cara kerjanya dan apakah serum bulu mata aman digunakan sehari-hari.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, para ahli pun memberikan penjelasan dan fakta-fakta seputar serum bulu mata, sebagaimana dilansir Yahoo Lifestyle berikut ini.

Baca juga: Agar Bulu Mata Tumbuh Lebat dan Kuat

Mengenal serum bulu mata dan cara kerjanya

Menurut dokter spesialis kulit di MDCS Dermatology, Dr Marisa Garshick, MD, FAAD, serum bulu mata adalah perawatan bulu mata topikal yang bekerja untuk memperkuat, menyehatkan, dan mengondisikan bulu mata.

"Serum bulu mata juga dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan alis, membantu membuatnya terhindar dari kerusakan, serta memberikan penampilan yang lebih tebal dan sehat," katanya.

Sementara itu, ahli kimia kosmetik dan peneliti di NakedPoppy, Marisa Plescia mengungkapkan bahwa sebagian besar serum bulu mata diformulasikan khusus untuk memperkuat bulu mata.

"Beberapa bahan utama yang sering ditemukan dalam serum bulu mata antara lain peptida dan asam amino, minyak biji jarak, serta vitamin E," terangnya.

Peptida sendiri menjadi bahan yang dapat membantu mengaktifkan produksi keratin untuk meningkatkan bulu mata yang lebih tebal dan tampak lebih sehat.

"Melalui mekanisme biologis rumit lainnya, ini dapat membantu melindungi folikel rambut dan mencegah kerontokan," jelas Plescia.

Apakah serum bulu mata bisa bikin bulu mata lebih panjang

Jika kita membeli serum bulu mata yang dijual bebas atau over the counter (OTC), mungkin itu tidak dapat membuat bulu mata lebih panjang.

"Serum bulu mata yang ada di toko-toko saat ini lebih dianggap untuk penggunaan kosmetik. Jadi, kita tidak boleh membuat klaim bahwa serum tersebut benar-benar menyebabkan pertumbuhan bulu mata," kata Plescia.

Oleh karena itu, jika kita secara khusus bertujuan untuk memanjangkan bulu mata, maka kita memerlukan resep dari dokter.

Ada pun produk bulu mata OTC tidak mengandung bahan penting prostaglandin.

"Prostaglandin dan bahan turunan prostaglandin mendorong bulu mata untuk memasuki fase anagen (atau pertumbuhan) dari siklus pertumbuhan bulu mata dan membantu memperpanjang fase ini," jelas ahli kimia kosmetik, Vincenzo Spinnato.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com