Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/04/2023, 05:45 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejak memulai debutnya pada tahun 2013, boygroup asal Korea Selatan, BTS sudah dikenal akan penampilan yang ikonik termasuk pada tato yang dimiliki masing-masing member.

Ya, semua member BTS punya desain dan makna tato khusus yang menghiasi tubuhnya masing-masing. Salah satu yang ikonik adalah tato bergambar angka "7" yang mereka miliki.

Tato tersebut tentu melambangkan pencapaian karier dan persahabatan mereka dalam meraih popularitas di industri hiburan Korea dan secara global.

Baca juga: Seniman Tato Berusia 106 Tahun Jadi Model Sampul Vogue Tertua 

Desain dan makna tato dari para member BTS

 Mungkin para ARMY, sebutan untuk fans garis keras BTS sudah memahami bahwa semua member Bangtan Boys punya tato ikonik masing-masing.

Tetapi dari ketujuh membernya, Jungkook dan Jimin yang paling banyak punya tato di tubuhnya. Melansir laman Lifestyle Asia, berikut desain dan makna tato milik member BTS.

  • Tato persahabatan angka "7"

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by jhope (@uarmyhope)

Tato persahabatan yang dimiliki ketujuh member BTS itu adalah ide dari Suga. Tato tersebut bertuliskan angka "7" di tubuh masing-masing dengan font yang sama persis.

Misalnya RM yang menggoreskan tato "7" di atas pergelangan kakinya, J-Hope memamerkan gambar angka ikonik itu di betis.

Kemudian Jimin menorehkan tinta permanen di jemari, Jungkook di belakang telinga dan Jin di belakang pinggang.

Sementara itu, V menuliskan tato itu tepat di atas lututnya dan Suga sebenarnya tidak pernah mempublikasikan di mana tato itu berada, tetapi para penggemar menduga kalau tato "7" ada di bagian leher.

Makna dari angka 7 bagi mereka sebenarnya lebih dari sekadar persahabatan, tetapi juga persaudaraan yang kuat di antara masing-masing member.

Bahkan si pembuat tato, Polyc SJ mengungkapkan kalau tato tersebut jika disusun dapat mengeja nama BTS.

  • Makna tato milik Jimin

 

Jimin BTS memiliki tato bertuliskan 'NEVERMIND', yang menurut Popsugar, tulisan itu sebenarnya tinta temporer, tetapi Jimin kemudian menggoreskan tinta permanen untuk diabadikan.

Lalu tato angka "13" di pergelangan tangan. Banyak yang berspekulasi kalau angka tersebut adalah tanggal debut BTS, yaitu 12 Juni 2013 dan ulang tahunnya sendiri pada 13 Oktober.

Tato berikutnya adalah tulisan "Young" and "Forever" yang masing-masing ada di dekat siku yang merupakan judul lagu BTS di tahun 2016.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com