Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WHO: Pemanis Buatan Tidak Bermanfaat untuk Menurunkan Berat Badan

Kompas.com - 16/05/2023, 13:36 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

Sumber CNN

KOMPAS.com - Laporan terbaru WHO menyatakan penggunaan pemanis buatan pengganti gula tidak membantu mengurangi berat badan dalam jangka panjag.

Sebaliknya, penggunaan zat seperti aspartam, stevia dan sakarin dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan termasuk diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular.

Berbagai zat non-sugar sweeteners (NSS) tersebut banyak ditambahkan dalam produk makanan atau minuman untuk menjadikannya lebih sehat atau bebas gula.

Baca juga: Pemanis Buatan dalam Makanan dan Efek Buruknya pada Metabolisme Tubuh

“Menjadikan free sugar dengan NSS tidak membantu pengendalian berat badan dalam jangka panjang," kata Dr Francesco Branca, Direktur nutrisi dan keamanan pangan WHO.

Kami memang melihat penurunan ringan berat badan dalam jangka pendek, tapi itu tidak akan bertahan lama," tukasnya.

"Publik perlu mempertimbangkan cara lain untuk mengurangi asupan gula bebas, seperti mengonsumsi makanan dengan gula alami, seperti buah, atau makanan dan minuman tanpa pemanis."

Ia menerangkan jika pemanis buatan tersebut bukan faktor diet esensial dan tidak memiliki nilai gizi.

"Orang-orang harus mengurangi makanan manis sama sekali, mulai dari awal kehidupan, untuk meningkatkan kesehatan mereka," pesannya.

Baca juga: Sebagai Pengganti Gula, Apakah Stevia Aman Dikonsumsi?

Rekomendasi ini berlaku untuk semua orang kecuali penderita diabetes.

Pasalnya, tidak ada penelitian dalam tinjauan yang menyertakan penderita diabetes sehingga penilaian tidak dapat dilakukan

"Namun rekomendasi ini tidak dimaksudkan untuk mengomentari keamanan konsumsi,” kata Branca.

“Apa yang dikatakan pedoman ini adalah bahwa jika kita mencari pengurangan obesitas, pengendalian berat badan atau risiko penyakit tidak menular, sayangnya itu adalah sesuatu yang tidak dapat ditunjukkan oleh sains,” katanya.

Baca juga: 7 Hal yang Terjadi Saat Berhenti Mengonsumsi Pemanis Buatan

"Itu tidak akan menghasilkan efek kesehatan positif yang mungkin dicari beberapa orang."

Ilustrasi pemanis buatanShutterstock Ilustrasi pemanis buatan

Dr Ian Johnson, peneliti nutrisi dan emeritus fellow di Quadram Institute, Inggris mengatakan rekomendasi tersebut tidak boleh ditafsirkan sebagai indikasi bahwa asupan gula tidak memiliki relevansi dengan pengendalian berat badan.

“Alternatif yang lebih baik untuk penggunaan pemanis buatan adalah mengurangi konsumsi produk manufaktur yang berlabel free sugar seperti minuman berpemanis" jelasnya.

Baca juga: Pemanis Buatan Justru Memicu Diabetes?

Misalnya dengan menggunakan buah mentah atau olahan ringan sebagai sumber rasa manis dan dalam jangka panjang, mengurangi kecenderungan pada rasa manis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com