Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Hal Sederhana yang Tanpa Disadari Bikin Hidup Lebih Bahagia

Kompas.com - 22/06/2023, 13:13 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Selama ini banyak dari kita mungkin berpikir bahwa hidup yang bahagia itu sulit dicapai dan memerlukan kerja keras.

Namun, ilmu pengetahuan menunjukkan ternyata ada cara-cara sederhana dan nyata yang dapat dilakukan untuk memupuk kebahagiaan, serta meningkatkan kesejahteraan emosional yang lebih baik.

Dengan membangun kebiasaan-kebiasaan tertentu yang meningkatkan suasana hati dalam kehidupan sehari-hari, kita mungkin dapat secara bertahap menumbuhkan perasaan bahagia dan merangkul kehidupan yang lebih memuaskan secara emosional.

Baca juga: 9 Alasan Mengapa Orang Bahagia Tak Peduli dengan Harta Benda

Dilansir dari laman Best Life, para ahli membagikan beberapa hal sederhana yang tanpa disadari bisa membuat hidup jadi lebih bahagia.

1. Berbicara dengan orang asing

Tetap terhubung secara sosial dengan teman dan anggota keluarga telah dikaitkan dengan kesehatan mental dan kesejahteraan yang lebih baik.

Tetapi, penelitian terbaru menunjukkan bahwa bukan hanya kelompok kontak inti yang bisa memperkaya hidup kita.

Menurut studi tahun 2022 yang dilakukan oleh mahasiswa doktoral Harvard Business School, berbicara dengan orang asing juga penting jika kita ingin meningkatkan suasana hati.

Para peneliti menciptakan sebuah istilah "keragaman relasional", untuk menggambarkan dua faktor hubungan yang mengarah pada suasana hati yang lebih bahagia, yakni kekayaan dan kemerataan.

Kekayaan adalah hubungan seseorang mengacu pada apakah seseorang berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai tingkat kedekatan (anggota keluarga, teman, kenalan, dan orang asing).

Sementara pemerataan mengacu pada seberapa merata interaksi mereka di seluruh kelompok ini.

"Semakin banyak kategori hubungan yang mereka ajak bicara dalam sehari dan semakin merata percakapan mereka di seluruh kategori tersebut, semakin bahagia mereka," kata seorang mahasiswa program S3 yang turut menulis penelitian ini, Hanne Collins.

2. Menjadi sukarelawan

Melakukan kebaikan atau menjadi sukarelawan bisa menjadi cara mudah untuk membuat kita merasa lebih bahagia dalam kehidupan sehari-hari.

"Penelitian menemukan bahwa partisipasi dalam layanan sukarela secara signifikan dapat memprediksi kesehatan mental dan fisik yang lebih baik."

"Ini juga meningkatkan kepuasan hidup, harga diri, kebahagiaan, serta menurunkan gejala depresi, tekanan psikologis, kematian, dan ketidakmampuan fungsional," demikian hasil penelitian tahun 2018 yang dipublikasikan di jurnal BMC Public Health.

Menurut Mayo Clinic, ada beberapa alasan mengapa beramal juga dapat meningkatkan tingkat kebahagiaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com