Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/07/2023, 11:25 WIB
Niken Monica Desiyanti,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jerawat memang bukan hal yang membahayakan, namun sering membuat tak nyaman dan merusak kepercayaan diri seseorang.

Dalam mengatasi jerawat, industri kecantikan menawarkan berbagai opsi perawatan yang tersedia, termasuk penggunaan acne patch yang sedang populer belakangan ini.

Berbentuk seperti pelekat, acne patch terbuat dari hidrokoloid yang dipercaya mampu mengatasi jerawat secara cepat dan instan.

Melansir dari Verywellhealth.com, menggunakan acne patch secara rutin selama satu minggu terbukti dapat membantu membuat jerawat lebih cepat hilang.

Debra Jaliman, seorang dermatologi dari New York, Amerika Serikat menyatakan bahwa acne patch efektif karena bekerja seperti vacuum dalam mengatasi jerawat.

Baca juga: Mengenal Suntikan Kortison untuk Pengobatan Jerawat Batu

“Acne patch efektif karena bekerja seperti vakum yang mengeluarkan kotoran dan minyak dari wajah, lalu mengubah kotoran tersebut menjadi zat yang menempel pada patch atau pelekatnya,” seperti dikutip dari Verywellhealth.com (3/7/2023).

Tentu saja acne patch ini bisa menjadi solusi praktis bagi orang-orang yang mengalami masalah jerawat.

Tetapi, sebelum menggunakan acne patch lakukan tips ini agar hasil yang didapat lebih maksimal.

1. Gunakan siang dan malam hari

Acne patch dirancang untuk dapat digunakan kapan pun saat dibutuhkan. Bahkan dapat digunakan untuk menutupi jerawat sebelum mengaplikasikan make up.

Jadi, gunakanlah acne patch saat mulai muncul jerawat di area muka, gunakan pagi sebelum mengaplikasikan makeup, ataupun malam hari sebelum tidur.

Baca juga: Stress Acne, Penyebab Jerawat karena Stres dan Cara Mengatasinya

2. Jangan ditempel terlalu lama

Beberapa produk acne patch memiliki klaim mampu digunakan selama 24 jam. Namun, para pakar kecantikan menyarankan kita untuk tidak menggunakan acne patch lebih dari 12 jam karena dapat menyebabkan iritasi.

Untuk mendapat hasil maksimal, lepas acne patch setiap akan mencuci muka dan menggantinya kembali dengan yang baru.

3. Bersihkan wajah sebelum menggunakannya

Acne patch memang sangat praktis dan bisa digunakan kapanpun saat mulai muncur benjolan jerawat. Akan tetapi, untuk hasil terbaik cucilah muka terlebih dahulu sebelum memakainya.

Hal ini karena kotoran dan minyak yang menempel pada wajah dapat menghambat kinerja acne patch dalam mengatasi jerawat.

Baca juga: Gorengan Termasuk Makanan Penyebab Jerawat Makin Parah, Kenapa Begitu?

4. Bisa dikombinasikan dengan obat topikal

Obat jerawat oles atau topikal dapat diaplikasikan terlebih dahulu sebelum menggunakan acne patch.

Sifat oklusif yang terdapat pada acne patch dapat membantu obat jerawat untuk bekerja lebih baik dan menembus lapisan kulit lebih dalam dan intens.

Namun, jangan gunakan obat topikal yang mengandung retinoid, salicylic acid, benzoyl peroxide karena dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit.

Perlu diingat bahwa tidak semua jerawat dapat dihilangkan dengan acne patch, seperti dilansir dari Healthline, acne patch hanya efektif mengeluarkan nanah dan kotoran pada jerawat.

Sedangkan pada jerawat batu atau jerawat break out, acne patch mungkin tidak akan memberikan dampak yang terlalu signifikan.

Baca juga: 17 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com