Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makan Nanas Bisa Melancarkan Siklus Haid, Benar Enggak Sih?

Kompas.com - 05/07/2023, 13:19 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siklus haid yang tidak teratur sering menjadi kekhawatiran bagi wanita. Tak jarang solusi yang diambil saat kondisi itu dialami adalah makan nanas.

Beberapa orang mungkin meyakini kalau buah nanas bisa melancarkan haid yang datang terlambat atau tidak teratur.

Lantas apakah itu fakta atau sekadar anggapan keliru yang berkembang di masyarakat?

Baca juga: 5 Faktor yang Bisa Mengganggu Siklus Haid 

Fakta nanas dalam melancarkan siklus haid

Haid yang tidak teratur dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari perubahan hormon, pola makan, tingkat stres, olahraga, dan kondisi medis tertentu dapat memengaruhi siklus haid.

Terkait anggapan makan nanas yang bisa melancarkan siklus haid, buah dengan rasa asam segar ini memang mengandung enzim yang disebut bromelain.

Senyawa ini kerap digunakan pada pengobatan untuk membantu mengurangi pembengkakan, memperlambat pembekuan darah, meningkatkan sel darah merah dan putih hingga melancarkan sirkulasi darah.

Kandungan bromelain itulah yang dianggap dapat membantu melancarkan siklus haid, karena sifatnya juga bisa mengatasi kram saat menstruasi.

Baca juga: Seks Saat Haid Memang Bermanfaat, tetapi Pahami Juga Risikonya 

Ilustrasi perempuan berbaring mengalami kram menstruasi.Freepik Ilustrasi perempuan berbaring mengalami kram menstruasi.

Kemudian ada pula senyawa lain seperti mangan.

Studi dari Dr. Phyllis Johnson di Human Nutrition Research Center di AS mengungkapkan, jenis mineral satu ini dapat meningkatkan aliran darah menstruasi sebesar 50 persen.

Dengan demikian,  ketika buah nanas dikonsumsi, efeknya bisa membantu ketidaknyamanan saat haid.

Tapi menurut laman Medical News Today, meskipun nanas memiliki kandungan bromelain, mangan serta nutrisi yang lainnya, makan nanas saat telat haid bukanlah sebuah solusi untuk mengatasi terlambat datang bulan.

Pasalnya sampai saat ini, belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa suplemen nanas, buah nanas atau bromelain sekalipun dapat memicu menstruasi.

Sebaiknya saat mengalami keterlambatan menstruasi atau haid tidak teratur dalam jangka panjang, konsultasikan kondisi itu ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Baca juga: Diabetes Bisa Jadi Penyebab Haid Tidak Teratur, Kok Bisa? 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com