Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/07/2023, 15:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Lavender merupakan salah satu jenis tanaman hias berbunga yang populer dan paling banyak digemari karena aromanya yang menenangkan.

Seorang ahli hortikultura di Gardening Chores, Amber Noyes juga mengungkapkan, lavender memberikan banyak manfaat bagi daerah tempatnya tumbuh.

Lavender pun dapat tumbuh subur baik di luar maupun di dalam ruangan dengan perawatan yang tepat.

Baca juga: 8 Jenis Tanaman Hias Berbunga yang Mudah Dirawat

"Dari aromanya yang harum dan menyenangkan hingga bunganya yang berwarna ungu yang indah, lavender menyediakan tempat yang ramah bagi penyerbuk dan bertindak sebagai pengusir serangga taman yang sangat baik, seperti nyamuk dan kutu," terangnya.

Jadi, apabila kita berminat untuk menanam lavender di rumah, simak beberapa petunjuk khusus yang perlu diketahui, berikut ini.

1. Mengetahui jenis lavender yang ditanam

Menurut Noyes, lavender, yang memiliki nama ilmiah Lavandula, adalah genus yang terdiri dari 47 spesies tanaman berbunga dengan lebih dari 450 varietas.

Maka, sebelum kita mengambil tanaman tua dari pembibitan, penting untuk mengetahui varietas mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kita.

Kepala tukang kebun di Benita's Garden Services, Benita Middleton pun mengatakan bahwa lavender Inggris (Lavandula angustifolia) dan Lavandin (Lavandula x intermedia) adalah dua varietas yang paling sering ditanam.

Jika kita ingin menggunakan sebagian bunganya untuk membuat barang rumah tangga beraroma, lavender Inggris adalah pilihan terbaik.

"Tanaman ini adalah sumber minyak lavender yang sebenarnya," jelas North Carolina State University (NCSU) Gardener Plant Toolbox.

"Bunganya dapat dikeringkan dan digunakan dalam bunga rampai."

"Potonglah setiap tahun dan buanglah paku-paku bunga yang sudah tidak terpakai setelah bunganya memudar," ungkapnya.

Baca juga: 7 Tanaman Hias Berbunga yang Bisa Membawa Kebahagiaan di Rumah

Untuk membuat minyak atsiri atau essential oil, bunga lavender kering juga bisa direndam dalam minyak kelapa.

2. Pilihlah tempat yang terang

"Lavender tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh, jadi yang terbaik adalah memberinya setidaknya 6-8 jam sinar matahari langsung setiap hari," saran Middleton.

Seorang arborist bersertifikat dan pendiri GoTreeQuotes, Ben McInerney juga mengingatkan kita untuk memastikan agar lavender tidak mendapat naungan dari pohon atau bangunan di sore hari.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com