Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rutin Berciuman Selama 6 Detik Bisa Bikin Hubungan Lebih Mesra

Kompas.com - 04/08/2023, 13:19 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

KOMPAS.com - Ciuman memang menjadi salah satu cara menunjukkan kasih sayang kepada pasangan.

Namun riset Institut Gottman membuktikan, rutin berciuman, bahkan hanya selama enam detik, ampuh meningkatkan kemesraan hubungan.

John dan Julie Gottman, dua terapis dan peneliti hubungan asal Washington yang melakukan penelitian ini mengatakan perilaku tersebut sama dengan upaya lainnya untuk menciptakan kesehatan hubungan.

"Ciuman enam detik, meski memakan waktu lebih sedikit, menawarkan manfaat yang sama karena mampu menciptakan momen hubungan romantis dengan pasangan ," kata John, dikutip dari Insider.

Baca juga: 10 Teknik Berciuman yang Bakal Bikin Pasangan Makin Terpikat

Gaya ciuman, baik dengan atau tanpa lidah, tidak masalah, asalkan membawa kedua pasangan ke momen tersebut.

"Kita menghabiskan sebagian besar kehidupan kita sehari-hari dengan terburu-buru untuk memenuhi tanggung jawab seperti pekerjaan dan mengurus keluarga, dan kita sering lupa untuk hadir bersama pasangan romantis kita," tambah John.

Menjadikan ciuman singkat sebagai ritual berinteraksi dengan pasangan bisa menunjukkan cara kita mendukung, memahami, dan merasa terhubung dengan pasangan.

Pada akhirnya, ini juga berguna membangun kepercayaan satu sama lain.

Baca juga: 6 Hal yang Terjadi pada Tubuh Ketika Kita Berciuman

Ilustrasi pasangan yang bahagiaUnsplash Ilustrasi pasangan yang bahagia
Kari Rusnak, terapis hubungan di Missisipi, yang juga terlibat dalam riset tersebut, menambahkan ciuman enam detik juga berguna untuk banyak hal lainnya.

Misalnya, meningkatkan kesukaan dan kekaguman satu sama lain, mengurangi stres, dan memperkuat penghargaan yang kita miliki untuk pasangan.

Kita juga dapat menganggap ciuman berkepanjangan ini sebagai "oasis sementara" dari menjadi produktif dan beralih ke mode relaksasi guna menikmati quality time dengan pasangan.

Baca juga: Berciuman Bisa Bantu Bikin Tubuh Langsing, Benarkah?

"Jika Anda mengubahnya menjadi ritual harian atau hampir setiap hari, itu bisa menjadi strategi untuk berkomunikasi dengan pasangan Anda," terang Rusnak.

Saat pasangan menyadari kehadiran kita, lewat ciuman itu, mereka juga cenderung menilai kita sebagai orang yang konsisten dan dapat dipercaya, bahkan di saat sedang berjauhan.

Kita bisa berciuman kapan pun sesuai jadwal tapi melakukannya sebelum berpisah atau berjumpa, misalnya saat pergi bekerja, dapat sangat efektif mengembalikan kita ke mode saling terhubung.

Selain itu, tidak ada batasan berapa banyak atau seberapa sering kita bisa berciuman dengan pasangan sepanjang hari.

Baca juga: 7 Jenis Ciuman dan Makna-makna di Baliknya

Berdasarkan penelitian Gottman, pasangan yang paling bahagia menghabiskan rata-rata enam jam setiap minggu untuk fokus satu sama lain.

Durasi itu dapat dihabiskan untuk hal-hal seperti kencan malam, check-in hubungan dan ciuman yang panjang dan romantis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com