Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Hanya Mobil, Arloji Pun Bisa Diberi Lapisan Pelindung

Kompas.com - 04/08/2023, 21:24 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Bukan hanya mobil yang perlu dijaga agar tidak lecet atau baret, rupanya penggemar jam tangan pun tidak ingin arloji kesayangannya tergores.

Bila mobil bisa dilapisi pelindung, maka saat ini ada juga pelindung berbahan TPU (thermoplastic polyurethane) untuk menjaga jam tangan tetap mulus walau terbentur.

Salah satu bahan pelindung jam tangan ini adalah RX-8 yang dikembangkan oleh Golden Shield di Taiwan dan dibawa oleh FF Luxury Watch di Indonesia.

Pada dasarnya bahan ini berupa plastik khusus yang dipotong presisi lalu ditempelkan di bagian-bagian jam tangan. Pemasangannya harus sangat cermat agar lapisan ini bisa terlihat menyatu dengan bagian-bagian jam.

Menurut F Lesmana dari FF Luxury Watch, RX-8 dipotong menggunakan laser mikro agar pas dengan tiap bagian jam. Misalnya bagian bezel dipotong tersendiri, bagian lug juga sendiri, bahkan tiap panel pada bracelet atau gelang, dipasang terpisah.

"Pemasangannya sendiri memerlukan waktu 2-3 jam tergantung kerumitan bentuk arlojinya. Jadi disarankan untuk dipasang oleh orang yang ahli, karena banyak komponen kecil yang musti ditempelkan," papar Lesmana, Kamis (3/8/2023) di Gandaria City Mall Jakarta.

Uniknya perlindungan dari bahan TPU ini memiliki multi-layered, dan dilengkapi teknologi self-healing di mana kerusakan kecil pada lapisan filmnya akan menghilang seiring waktu, sehingga jam tangan kembali terlihat mulus.

Percobaan menggores permukaan arloji Richard Mille yang sudah dilapisi RX-8 menggunakan garpuKompas.com/Wisnubrata Percobaan menggores permukaan arloji Richard Mille yang sudah dilapisi RX-8 menggunakan garpu
Dalam percobaan yang dilakukan terhadap arloji Richard Mille berbahan rose gold yang sudah dilapisi RX-8, tampak bahwa permukaannya tidak tergores walau ditekan-tekan dengan garpu.

Selain itu RX-8 menggunakan teknologi anti-noda untuk mencegah menempelnya sidik jari, bekas cap, dan tanda-tanda lain yang kerap membekas pada permukaan jam tangan.

Menurut F Lesmana, masa pakai bahan ini kurang lebih 2-3 tahun. "Namun sebaiknya kita tidak menyemprotkan bahan kimia, parfum, dan bahan lainnya karena lapisan ini bisa berubah warna lebih cepat bila terpapar bahan aktif," katanya.

Selain itu, RX-8 disarankan hanya digunakan untuk melapisi arloji berbahan logam, seperti stainless steel, emas, atau logam lain. Pasalnya pada bahan keramik atau karbon, lapisan ini lebih mudah terlepas.

Pertanyaannya, mengapa arloji perlu diberi lapisan pelindung? Seperti diketahui, arloji dari brand kelas atas umumnya bisa dijual kembali dengan harga tinggi. Artinya, orang kerap membeli arloji sebagai investasi selain kegemaran.

Nah kondisi kemulusan arloji ini akan menentukan harganya saat dijual kembali. Jika kondisinya seperti baru, tentu harganya akan menjadi lebih tinggi kan?

Baca juga: Pameran Jam Tangan JWX, Menjual Arloji Kelas Atas dengan Cara Lugas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com