Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Lemon Bisa Mengatasi Ketombe? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 11/08/2023, 05:26 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Healthline


KOMPAS.com - Ketombe adalah kondisi umum yang biasa terjadi pada kulit kepala seseorang. Kondisi ini ditandai dengan pengelupasan kulit mati yang muncul dalam bentuk serpihan-serpihan kecil yang tampak seperti "salju" di rambut.

Meskipun ketombe biasanya tidak dianggap sebagai masalah kesehatan serius, tetapi ketombe dapat mengganggu dan sering kali membuat seseorang tidak nyaman.

Banyak kasus ketombe disebabkan oleh kehadiran Malassezia, yaitu jamur mirip ragi yang memakan minyak yang ada di kulit kepala. Terlalu banyak jamur ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi. Hasilnya adalah ketombe dan gangguan kulit kering lainnya.

Selain itu, sensitif terhadap produk rambut juga bisa saja menjadi penyebab timbulnya ketombe. Alergi dan iritasi pada produk tertentu dapat menyebabkan peradangan pada kulit kepala, yang mengakibatkan dermatitis kontak. Kondisi ini dapat meninggalkan ruam merah, gatal, dan bersisik.

Baca juga: 7 Cara Keramas yang Benar untuk Atasi Ketombe, Sudah Tahu?

Penyebab umum ketombe lainnya seperti kulit kepala yang berminyak, kondisi kulit seperti psoriasis, eksim, dan dermatitis seboroik, kulit kepala kering dan jarang keramas.

Lemon untuk mengatasi ketombe

Perawatan ketombe yang direkomendasikan biasanya termasuk menggunakan sampo obat atau vitamin rambut.

Namun, ada beberapa cara alami untuk mengurangi ketombe, salah satunya dengan penggunaan lemon.

Lemon kaya akan antioksidan, vitamin C, asam sitrat, flavonoid, dan zat besi yang penting untuk kesehatan rambut dan kulit. Semua nutrisi itu juga bisa menyeimbangkan pH kulit kepala untuk mencegah ketombe, memperkuat folikel rambut, menghilangkan minyak berlebih di kulit kepala.

Selain itu, lemon kaya akan vitamin C dan B. Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang tidak hanya membantu memperkuat folikel rambut, tetapi juga meningkatkan produksi kolagen untuk membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Vitamin B juga dapat membantu memperbaiki kondisi kulit, bahkan pada kulit kepala.

Baca juga: Masalah Ketombe, Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Cara menggunakan lemon untuk mengobati ketombe

Sebelum menambahkan produk baru atau bahan alami seperti jus lemon ke dalam rutinitas perawatan rambut atau kulit kepala, penting untuk berbicara dengan dokter atau profesional medis. Hal ini guna mengetahui apakah kita memiliki alergi atau tidak.

Berikut cara penggunaan lemon untuk mengobati ketombe.

Aplikasi langsung

Daripada menggunakan lemon sebagai pengganti sampo atau kondisioner, cobala untuk mengoleskan jus lemon ke kulit kepala secara langsung sebagai perawatan sebelum keramas.

Biarkan selama beberapa menit agar lemon dapat menembus folikel rambut dan kulit. Setelah itu, bilas dengan air hangat lalu cuci rambut dan kulit kepala dengan sampo ringan.

Lakukan hal ini setiap saat keramas untuk hasil yang maksimal.

Dicampur dengan bahan lain

Cobalah campurkan jus lemon dengan minyak kelapa dan gula. Campuran bahan tersebut dapat berfungsi sebagai scrub pengelupas kulit atau larutan pembersih sebelum keramas.

Meski bisa bermanfaat untuk mengobati ketombe, namun ada sejumlah efek negatif yang dapat ditimbulkan saat menggunakan lemon. Hentikan penggunaan segera jika mulai terasa terbakar, menyengat, kemerahan kering atau justru meningkatkan ketombe.

Baca juga: 6 Kebiasaan Penyebab Ketombe Sulit Hilang

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com