Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Podjok Tjikini, Kafe Hotel yang Enggak Pakai Mahal

Kompas.com - 12/08/2023, 07:11 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Whiz Hotel Cikini, Jakarta Pusat, baru saja membuka kafe barunya bernama Podjok Tjikini pada Jumat (11/8/2023).

Ide kafe ini bermula dari keinginan pihak Whiz Hotel Cikini untuk memanfaatkan lahan kosong yang awalnya hanya digunakan pengunjung hotel sebagai tempat merokok.

Hotel Manager Whiz Hotel Cikini Jakarta, Slamet Santoso, mengatakan, nama Podjok Tjikini diambil karena melihat posisi kafe yang memang ada di pojok bangunan hotel. Selain itu, Tjikini diambil dari lokasi kafe itu sendiri yang memang berada di Cikini, Jakarta Pusat.

“Pertama, posisinya persis di pojok. Itu kan ada di area lobby tapi di pojok dan karena kita areanya di Cikini ini lah makanya kita ambil nama Kafe Podjok Tjikini,” ujar Slamet.

Kafe yang memiliki konsep semi outdoor ini menawarkan menu makanan yang tak hanya lezat, tapi juga ramah di kantong.

Harga makanan dan minuman di Kafe Podjok Tjikini ini dibanderol dengan harga yang terjangkau, yaitu mulai dari Rp 3.000-Rp 55.000 saja.

Lalu, menu makanan apa saja yang ada di Podjok Tjikini? Kafe ini menyediakan berbagai menu makanan Indonesia seperti ayam geprek, nasi goreng, mi goreng, sop buntut, sop betawi, dan ikan dori sambal matah.

Salah satu menu andalan dari Kafe Podjok Tjikini ini adalah nasi ponggol yang merupakan makanan khas dari Kota Tegal, Jawa Tengah.

Nasi Ponggol  Kafe Podjok TjikiniPutri Aulia/Kompas.com Nasi Ponggol Kafe Podjok Tjikini

Nasi ponggol ini terdiri dari nasi putih dicampur dengan lauk ayam suwir, kacang panjang, mi, tempe orek, dan telur yang dibungkus dengan daun pisang. Meski bentuknya mirip dengan nasi kucing, namun nasi ponggol ini memiliki porsi yang lebih besar.

“Nasi ponggol ini saya yakin hampir semua orang suka dalam artian ini kan konsepnya ada nasi putih, kemudian lauknya ini kan tradisional ada tumis kacang panjang, mi goreng, kemudian ada tempe orek, ayam dan telur. Nasi ponggolnya Rp 15.000 sangat terjangkau,” tambah Slamet.

Selain makanan, ada pula berbagai minuman yang disuguhkan di kafe ini, seperti aneka jus, kopi, mocktail, dan wedang.

Tak perlu khawatir, jika ingin mengunjungi kafe ini pengunjung tidak harus memesan kamar di Hotel Whiz Cikini. Pasalnya, kafe yang buka dari pukul 15.00-23.00 WIB ini terbuka untuk umum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com