Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minyak Kelapa dan Bahan Alami untuk Menghaluskan Kulit Kaki Kering

Kompas.com - 18/08/2023, 07:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Kulit di bagian tubuh, terutama kaki paling jarang kita perhatikan seperti halnya kulit wajah. Padahal, kulit di bagian kaki merupakan area yang paling kering dan butuh perawatan lebih.

Seringkali kulit di bagian kaki tampak kering, tipis, bahkan bersisik.

Kondisi itu terjadi karena berkurangnya kolagen serta penipisan dermis dari waktu ke waktu. Kombinasi kedua hal itu membuat permukaan kulit tidak bisa mulus dan lembut.

Untuk mengembalikan kondisi kulit menjadi lembab dan sehat, berikut adalah beberapa bahan yang bisa kita gunakan karena telah terbukti efektif:

Baca juga: Jangan Disepelekan, Kulit Kering Bisa Jadi Pertanda Anemia

1. Minyak kelapa
Jika menargetkan masalah kulit, mulailah dengan prinsip dasarnya yaitu menjaga kelembapan kulit.

Carilah bahan-bahan yang memiliki sifat emolien dan oklusif, karena ini akan membantu menjaga kulit agar tidak kering.

"Pelembab yang bekerja dengan menangkap air akan membantu mengurangi kehilangan air transepidermal dan mencegah kulit kering, dan akhirnya melembutkan kulit bersisik," kata dokter kulit bersertifikat Purvisha Patel.

Minyak kelapa sudah lama dipakai dalam produk pelembab yang bekerja efektif. Penelitian juga memberikan bukti minyak kelapa bisa meningkatkan kelembaban kulit, menambah produksi kolagen, dan memperbaiki fungsi pelindung kulit (skin barrier).

Baca juga: Minyak Kelapa atau Minyak Sawit, Mana yang Lebih Sehat?

2. Aloe Vera
Manfaat paling utama dari aloe vera adalah sangat menghidrasi. Tanaman lidah buaya memang sangat tinggi kandungan airnya.

Lebih dari itu, lidah buaya juga mengandung banyak nutrisi yang terbukti dapat memperbaiki tampilan kulit. Mengoleskan aloe vera ke kulit juga dapat memperbaiki elastisitas kulit dan mengurangi garis halus.

3. Retinol
Ini merupakan rekomendasi klasik dari para dokter kulit untuk menangkal tanda-tanda penuaan. Sejarahnya bahan aktif ini memang hanya dipakai di wajah (karena harganya relatif mahal).

Namun, saat ini cukup banyak produk perawatan tubuh yang ditambahkan retinol.

Penelitian juga menunjukkan retinol dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit yang menua dan mengurangi tampilan keriput.

Baca juga: Cara Tepat dan Aman Pakai Retinol bagi Pemula

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com