Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memperingati HUT RI, WBI Gelar Pameran untuk Dorong UMKM Lokal

Kompas.com - 20/08/2023, 19:55 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia, Warisan Budaya Indonesia (WBI) menggelar pameran guna memberikan dukungan yang lebih besar kepada para pelaku UMKM di berbagai daerah.

Tak main-main, untuk merayakan momen ulang tahun Indonesia ini, WBI memberikan diskon sebesar 20 persen pada seluruh produk yang dipamerkan.

Acara yang digelar dari tanggal 17-20 Agustus 2023 di Ashta District-8, Jakarta Selatan ini menyajikan berbagai produk wastra dari berbagai pulau di Indonesia, seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, Maluku, dan Papua.

Selain itu, WBI juga memberikan peluang kepada desainer muda untuk berpartisipasi dalam acara ini.

Pada hari pertama, WBI menyuguhkan pesona Madura, kemudian di hari kedua Swarnadwipa dengan kain khas Sumatera, ketiga ada Jawadwipa di mana kain seluruh daerah Jawa dihadirkan, kemudian pada hari terakhir ada koleksi kain dari Indonesia Timur.

Proses seleksi produk pun dilakukan secara cermat dan teliti oleh tim kurasi yang terdiri dari tujuh orang yang berpengalaman dalam bidangnya masing-masing. Tim kurasi ini terdiri dari Suyin Pramono, Didi Budiardjo, Nita Seno Adji, Pla, Chandra Satria, Agam Riadi, dan Sjamsidar Isa.

Didi BudiardjoPutri Aulia/Kompas.com Didi Budiardjo

Humas WBI, Nita Azis menjelaskan proses kurasi tersebut memerlukan waktu yang bervariasi tergantung pada jenis produk yang diajukan. Sebagai contoh, untuk produk batik, proses kurasi melibatkan pengecekan kualitas dan pastikan tidak ada teknik printing.

“Tergantung sih sebetulnya kita kan misalkan kalau batik nih, batiknya tidak boleh printing itu yang pertama. Terus kalau tenun, tenun itu motifnya adalah sesuai dari daerah tersebut. Misalnya, pengrajin tenunnya Sumba ya motifnya Sumba, atau misalnya dari Jepara berarti motifnya Jepara jangan sebaliknya gitu,” ungkap Nita.

Warisan Budaya Indonesia (WBI)Putri Aulia/Kompas.com Warisan Budaya Indonesia (WBI)

Acara pameran yang digelar dengan semangat nasionalisme ini diharapkan mampu memberikan dampak positif dalam mendukung pertumbuhan UMKM lokal dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya melestarikan warisan budaya Indonesia.

“Diharapkan ini kan di mall ya, terutama anak-anak muda mulai mengapresiasi UMKM lokal ini dengan lebih baik lagi dan lebih dekat lagi,” ujar Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com