Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/08/2023, 12:28 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Flu termasuk penyakit yang mudah menular. Walau sering dianggap penyakit ringan, tetapi pada sebagian orang infeksi virus ini berdampak cukup serius.

Gejala flu atau influenza yang ringan bisa berupa pusing, pilek, atau merasa tidak enak badan. Namun, gejala yang berat membuat kita mengalami demam, batuk (biasanya batuk kering), nyeri tenggorokan, hingga nyeri di persendian.

Dikutip dari WHO.int, influenza bisa ditemukan di seluruh dunia. Biasanya orang dewasa bisa tertular influenza dua hingga tiga kali dalam setahun.

"Influenza merupakan infeksi virus pada saluran pernapasan atas yang disebabkan oleh berbagai virus berbeda. Ada lebih dari 200 jenis virus yang bisa menyebabkan influenza," kata dokter Amy Zack dari Cleveland Clinic.

Karena virusnya mudah menular, cara terbaik untuk menyembuhkan diri saat terinfeksi flu adalah dengan banyak beristirahat, cukup minum air, dan konsumsi makanan yang meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga: Waspada, Gejala DBD dan Influenza Mirip, Berikut Cara Membedakannya

Masa inkubasi

Sejak kita terpapar virus influenza, tidak butuh waktu lama untuk timbulnya gejala sakit. Biasanya masa inkubasinya sekitar 1-3 hari.

Siapa pun yang terinfeksi flu dan masih memiliki gejalanya, maka ia masih bisa menularkan virusnya.

Itu sebabnya jika kita sedang mengalami gejala-gejala flu, sebaiknya tinggal di rumah dan beristirahat. Bukan hanya agar tidak menularkan virusnya tetapi juga supaya kita bisa memulihkan diri. Jika diperlukan kita bisa mengonsumsi obat flu yang dijual bebas.

Baca juga: 8 Cara Mengobati Flu secara Alami, Bisa Meredakan Bersin dan Hidung Tersumbat

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com