Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/08/2023, 10:10 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Indeed

KOMPAS.com - Menemukan motivasi merupakan salah satu hal yang penting dalam proses mencari kerja. Hal ini mampu membantu kita menyelidiki peluang dan menyiapkan dokumen lamaran.

Selain itu, motivasi juga mendorong kita untuk terlibat secara lebih mendalam dalam seluruh proses perekrutan. Sebagai contoh, orang yang merasa termotivasi akan memiliki energi ekstra untuk membuat lamaran mereka semaksimal mungkin sebelum mengirimkannya.

Mereka juga bisa menunjukkan semangat saat wawancara yang tentunya akan menarik perhatian calon pemberi kerja.

Berikut sembilan tips yang bisa kita gunakan untuk memotivasi diri sendiri saat mencari kerja.

Renungkan tujuan

Salah satu cara untuk menghidupkan semangat dalam mencari kerja adalah dengan merenungkan rencana masa depan. Kita bisa memikirkan bidang industri yang ingin kita tekuni, besarnya gaji, dan di mana kita bercita-cita untuk bekerja.

Merenungkan tujuan-tujuan ini akan membantu kita tetap ingat mengapa kita mengajukan lamaran kerja dan memberi nilai lebih pada proses pengajuan tersebut.

Baca juga: Jobseeker, Pertimbangkan 5 Hal Ini Ketika Mencari Pekerjaan Baru

Mengidentifikasi panutan karier

Seseorang yang menjadi teladan dalam bidang karier adalah individu yang kita kagumi karena prestasi dan perkembangannya di jalur karier.

Untuk mengidentifikasi panutan karier, kita dapat memikirkan orang-orang yang kita kenal secara pribadi, orang-orang yang telah terhubung dengan kita secara profesional atau tokoh-tokoh selebriti.

Setelah mengidentifikasi panutan karier, kita dapat menggunakannya sebagai motivasi. Kita juga dapat mengumpulkan kutipan inspiratif dari mereka atau mencari wawancara di mana mereka mendiskusikan topik motivasi.

Kita juga bisa melakukan riset untuk mengetahui perjalanan karier mereka dan bagaimana mereka memulainya.

Hal ini dapat memberi kita kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang mereka, pekerjaan dan karir mereka. Kita juga dapat menanyakan bagaimana mereka tetap termotivasi dalam pekerjaan mereka atau apakah mereka memiliki saran untuk yang baru memulai karier.

Ciptakan rutinitas

Rutinitas adalah cara yang berguna untuk membantu memotivasi kebiasaan baru. Rutinitas melamar mingguan dapat dilakukan dengan menggunakan hari Senin untuk mencari peluang dan memilih empat besar untuk diprioritaskan.

Kemudian, kita bisa menyelesaikan salah satu dari empat lamaran tersebut setiap hari dari Selasa hingga Jumat, libur di akhir pekan, dan memulai prosesnya lagi di minggu berikutnya.

Menerapkan rutinitas ini akan membantu kita merasa lebih mengendalikan proses, yang pada gilirannya meningkatkan semangat.

Baca juga: 7 Hal Produktif yang Bisa Dilakukan saat Sedang Mencari Pekerjaan

Temukan support system

Kita bisa menghubungi sahabat untuk berdiskusi mengenai langkah-langkah yang telah kita ambil dalam pekerjaan dan apa yang ingin kita raih berikutnya. Sahabat tersebut dapat memberikan dukungan dan dorongan yang membuat kita merasa termotivasi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com