Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/08/2023, 18:01 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Ibu hamil seringkali menghindari ikan karena khawatir tentang paparan merkuri dan kontaminan lain yang dapat membahayakan perkembangan janin.

Namun, ikan adalah sumber protein tanpa lemak, lemak sehat, vitamin, dan mineral yang sehat. Food and Drug Administration (FDA) bahkan merekomendasikan agar wanita hamil dan menyusui mengonsumsi 227-340 gram ikan rendah merkuri setiap minggunya.

Salmon merupakan salah satu ikan yang dianggap rendah merkuri. Namun, beberapa jenis salmon biasanya disajikan setengah matang. Lalu apakah salmon asap boleh dikonsumsi selama kehamilan?

Baca juga: 7 Makanan yang Baik dan Sehat untuk Ibu Hamil

Jenis-jenis salmon asap

Salmon asap dikategorikan sebagai salmon asap dingin atau panas, tergantung pada metode pengasapannya.

Diasap dingin

Salmon diawetkan secara kering dan diasapi pada suhu 21-32 derajat celsius. Salmon ini tidak sepenuhnya matang, sehingga menghasilkan warna yang cerah, tekstur yang lembut, dan rasa amis yang kuat.

Jenis ini sering disajikan dengan olesan, salad, atau di atas bagel dan roti panggang.

Asap panas

Salmon diawetkan dengan air garam dan diasapi pada suhu 49 derajat celsius hingga suhu internalnya mencapai 57 celsius atau lebih tinggi. Karena dimasak dengan sempurna, salmon ini memiliki daging yang keras, bersisik, dan rasa asap yang kuat.

Jenis ini biasanya disajikan dalam saus krim, sebagai hidangan pembuka, atau di atas salad dan mangkuk nasi.

Ketika sedang hamil, lebih baik bagi wanita untuk menghindari makanan laut yang belum matang sepenuhnya, seperti salmon asap dingin.

Hal ini disebabkan oleh potensi masalah kesehatan yang mungkin timbul akibat konsumsi makanan laut yang belum matang dengan baik.

Salmon asap dingin dapat diberi label dengan nama yang berbeda, seperti pâté, gaya nova (nova style), dendeng ikan (fish jerk), atau skippered.

Efek kesehatan makan salmon asap saat hamil

Satu porsi salmon asap seberat 3,5 ons (100 gram) memberikan banyak nutrisi yang bermanfaat bagi ibu hamil. Ini termasuk:

  • Kalori: 117
  • Lemak: 4 gram
  • Protein: 18 gram
  • Karbohidrat: 0 gram
  • Vitamin B12: 136 persen dari Nilai Harian (DV)
  • Vitamin D: 86 persen dari DV
  • Vitamin E: 9 persen dari DV
  • Selenium: 59 persen dari DV
  • Zat besi: 5 persen dari DV
  • Seng: 3 persen dari DV

Ikan kaya akan banyak nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat, seperti yodium dan vitamin B12 dan D

Dibandingkan dengan sumber protein lainnya, ikan sering kali lebih tinggi dalam asam lemak omega-3 EPA dan DHA.

DHA memainkan peran yang sangat penting selama kehamilan dengan berkontribusi pada perkembangan otak janin dan perkembangan bayi dan anak yang lebih baik.

Baca juga: Nutrisi Penting yang Perlu Dipenuhi Ibu Hamil

Beberapa risiko yang terkait dengan makan salmon asap dingin ini, seperti risiko tinggi listeria. Ini termasuk kelahiran prematur, berat badan rendah pada bayi baru lahir, meningitis, dan keguguran.

Untuk mengurangi risiko, sebaiknya hindari ikan mentah atau setengah matang seperti salmon asap dingin. Kita bisa memanaskan salmon asap hingga 74 derajat celsius sebelum memakannya.

Selain itu, ikan mentah dapat membawa cacing parasit dan tinggi natrium.

Oleh karena itu, wanita hamil sebaiknya hanya mengonsumsi ikan salmon asap panas dalam jumlah sedang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com