Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/09/2023, 19:46 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

KOMPAS.com - Krisantemum atau krisan adalah jenis tanaman hias berbunga yang populer karena memiliki warna yang indah dan cocok untuk menjadi hiasan, baik di pekarangan maupun di dalam rumah.

Menurut ahli tanaman dan CMO di Ferry-Morse, Rebecca Sears, bunga krisan umumnya akan bermekaran dalam berbagai warna di bulan September hingga Desember.

Namun, untuk memastikannya tetap awet atau bisa bertahan lebih lama, diperlukan juga perawatan yang tepat.

"Krisan dapat bertahan selama empat hingga delapan minggu setelah mulai mekar, tetapi dengan merawatnya lebih baik lagi, bunga ini akan mencapai usia yang lebih panjang," terang Sears.

"Cara terbaik agar bunga mekar saat kita menginginkannya adalah dengan memilih varietas yang memulai musim mekarnya tepat dengan waktunya."

"Beberapa varietas mulai mekar sejak akhir Juli, sementara yang lain tidak mulai mekar hingga akhir September. Jadi, tentukan kapan kita ingin bunga mekar selama empat hingga delapan minggu dan pilihlah varietas dengan bijak," sarannya.

Baca juga: Anggrek hingga Krisan, 7 Tanaman Hias Berbunga yang Bawa Keberuntungan

Cara membuat krisan mekar lebih lama

Untuk membuat bunga-bunga ini bisa tumbuh subur dan mekar lebih lama, simak empat cara yang bisa digunakan agar kita mendapatkan hasil maksimal, sebagaimana dilansir dari laman The Spruce berikut ini.

1. Pilihlah bunga krisan yang memiliki banyak kuncup

Membeli bunga krisan yang penuh dengan warna bukan cara terbaik untuk menemukan bunga mana yang bisa bertahan lebih lama.

Sebaliknya, pilihlah tanaman yang memiliki banyak kuncup rapat yang belum terbuka.

Dengan membeli tanaman pada awal siklus mekarnya, kita akan bisa menikmati setiap momen mekar yang lebih lama.

2. Letakkan bunga krisan di tempat yang penuh cahaya

Krisan akan menghasilkan bunga yang paling banyak mekar jika diberi sinar matahari penuh atau setidaknya enam jam sinar matahari langsung per hari.

Namun, apabila kita tinggal di iklim yang panas, kita bisa memilih sinar matahari tidak langsung untuk menjaga agar bunga tidak hangus dan kering.

3. Menyiram bunga krisan dua hari sekali

"Setelah terbentuk, bunga krisan harus disiram dengan kedalaman 3-5 cm per minggu. Berhati-hatilah untuk tidak menyiramnya secara berlebihan, karena hal ini dapat menyebabkan masalah," kata Sears.

Selain itu, krisan harus disiram setiap dua hari sekali untuk menjaga kelembapan tanahnya.

Sears pun menyarankan untuk memperhatikan daun yang lemas atau berwarna cokelat, yang merupakan tanda tanaman membutuhkan lebih banyak air.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com