Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggrek hingga Krisan, 7 Tanaman Hias Berbunga yang Bawa Keberuntungan

Kompas.com - 04/09/2023, 09:58 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Menaruh tanaman hias berbunga mungkin dapat menambah keceriaan dan warna di dalam rumah.

Namun, para ahli mengatakan, selain manfaat estetika, beberapa tanaman hias berbunga juga dipercaya membawa keberuntungan ke dalam rumah.

Faktanya, meletakkan bunga tertentu di dalam vas atau pot dapat melambangkan keberuntungan dalam cinta, kekayaan, dan awal yang baru, atau bisa juga mengundang keharmonisan maupun kebahagiaan ke dalam rumah.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak tujuh bunga yang dianggap dapat membawa keberuntungan di dalam rumah, seperti dilansir dari laman Best Life berikut ini.

1. Anggrek

Anggrek adalah salah satu jenis tanaman yang aman untuk penderita asma.PIXABAY/webandi Anggrek adalah salah satu jenis tanaman yang aman untuk penderita asma.
Tanaman hias ini mungkin sedikit menantang untuk dipelihara, tetapi jika kita bisa menjaganya tetap tumbuh subur, anggrek dianggap sebagai bunga keberuntungan untuk dimiliki di rumah.

"Anggrek dianggap sebagai pembawa keberuntungan dalam beberapa budaya, termasuk China dan Jepang, yang melambangkan kemakmuran, kekayaan, dan kelimpahan," jelas pendiri situs berkebun Plants Craze, Aaditya Bhatta.

"Dalam budaya China, anggrek dipercaya dapat menarik energi positif dan keberuntungan, sementara dalam budaya Jepang, anggrek diasosiasikan dengan kemurnian dan keanggunan," ungkapnya.

Sementara itu, Zahid Adnan, seorang ahli berkebun dan pendiri The Plant Bible menambahkan, memberikan anggrek dalam pot sebagai hadiah untuk acara khusus dapat melambangkan harapan baik dan keberuntungan bagi penerimanya.

Baca juga: 7 Tips Merawat Anggrek agar Tetap Berbunga dan Tak Gampang Layu

2. Bunga matahari

Ilustrasi bunga matahari di pot, menanam bunga matahari di pot di balkon. SHUTTERSTOCK/LEE WARANYU Ilustrasi bunga matahari di pot, menanam bunga matahari di pot di balkon.
Bunga matahari yang besar, berani, dan indah, menambah kesan vitalitas dan keceriaan di rumah.

Para ahli pun mengatakan, bunga yang mekar penuh warna ini juga dapat membawa keberuntungan.

"Dalam banyak budaya, bunga matahari melambangkan kebahagiaan, kepositifan, dan keberuntungan," kata Adnan.

"Kemiripannya dengan matahari dan kemampuannya untuk membawa kehangatan dan cahaya menjadikannya pilihan populer untuk menarik energi positif," terangnya.

3. Teratai

Ilustrasi terataishutterstock Ilustrasi teratai
Sebagai tanaman air yang unik, teratai mungkin bukan bunga pertama yang kita pikirkan untuk dibawa ke dalam rumah.

Namun, para ahli mengatakan, bunga ini dianggap membawa keberuntungan dalam banyak tradisi, yang melambangkan kesempurnaan ilahi, keberuntungan, dan kelahiran kembali.

"Bunga teratai sangat dihormati di banyak budaya Timur dan dianggap sebagai simbol kemurnian, pencerahan, dan pertumbuhan spiritual," kata Adnan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com