Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Musik Bisa Membuat Anak Lebih Cerdas, Simak Faktanya

Kompas.com - 05/09/2023, 10:13 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber abc.net.au

KOMPAS.com - Belajar musik dapat memberikan manfaat positif pada perkembangan anak, terutama dalam hal kecerdasan dan peningkatan prestasi akademisnya. 

Ada beberapa hal yang membuat musik baik bagi kecerdasan anak. Salah satunya, belajar musik melibatkan banyak elemen kognitif seperti memahami notasi musik, ritme, harmoni, dan melodi.

Elemen tersebut mampu merangsang pikiran anak dan dapat meningkatkan kemampuan matematika hingga pemecahan masalah.

Di samping itu, penelitian yang dilakukan Martin J. Bergee dari Universitas Kansas juga mempelajari 1.000 anak sekolah menengah untuk melihat manfaat dari pendidikan musik dan peningkatan prestasi akademis seperti di bidang matematika dan membaca.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Research in Music Education itu menemukan fakta, terkait manfaat musik yang dapat menunjang kecerdasan anak.

Bergee menemukan, anak-anak yang belajar musik ternyata bisa membuat mereka berprestasi di bidang matematika dan membaca.

"Saya selalu percaya hubungan tersebut bersifat korelasional dan bukan sebab akibat. Saya ingin menunjukkan mungkin ada sejumlah variabel latar belakang yang memengaruhi prestasi dalam bidang akademik apa pun. 

"Khususnya hal-hal seperti tingkat pendidikan keluarga, di mana siswa tersebut tinggal, baik berkulit putih maupun non-kulit putih, dan lain sebagainya," kata Bergee.

Namun melalui penelitiannya itu, Bergee tidak mengatakan musik adalah "kunci" keberhasilan anak di bidang akademik, sebab masih diperlukan studi lebih lanjut untuk menguraikan lebih banyak bukti terkait efek belajar musik yang memengaruhi tingkat kecerdasan anak. 

Baca juga: Hobi Mendengarkan Musik Bikin Kita Jauh Lebih Sehat, Simak 5 Faktanya 

Ilustrasi anak belajar musikUnsplash Ilustrasi anak belajar musik

Kendati demikian, seorang penulis buku "The Music Advantage" dan guru musik, Anita Collins mengatakan ada sejumlah alasan yang membuat musik dapat menunjang prestasi akademik.

Kata Collins, musik dapat memperluas rentang perhatian anak-anak, mengajarkan mereka untuk bertahan menghadapi rasa frustasi, menumbuhkan rasa percaya diri dan memupuk keterampilan sosial.

Sejumlah hal tersebut secara tidak langsung bisa mendukung semua pembelajaran anak di semua bidang.

"Belajar musik juga memiliki keuntungan luar biasa yang membuat anak-anak lebih bai dalam bermusik. Keterampilan ini bisa memberikan mereka kesenangan seumur hidup," kata Anita Collins.

Baca juga: 6 Manfaat Anak Belajar Musik sejak Dini 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com