Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/09/2023, 09:00 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

Sumber fool.com

KOMPAS.com - Jika kamu ingin menjadi kaya, akan sangat membantu jika kamu melakukan hal-hal yang dilakukan oleh para jutawan dan orang kaya lainnya.

Untungnya, mengidentifikasi kebiasaan orang yang sukses secara finansial tidaklah sulit.

Christy Bieber, seorang penulis lulusan Media dan Komunikasi Bahasa Inggris, University of Rochester, dan Fakultas Hukum Universitas California, Los Angeles, mengungkap pandangananya.

Christy Bieber secara khusus mendalami hal-hal yang berkaitan dengan keuangan: investasi, real estat, kartu kredit, hipotek, pajak, asuransi, dan perusahaan pialang.

Baca juga: 5 Warna yang Mendatangkan Kekayaan dan Kemakmuran Menurut Feng Shui

Berikut adalah empat kebiasaan orang kaya yang harus ditiru, seperti dipaparkan Christy Bieber.

1. Gunakan utang sebagai alat

Orang kaya tidak takut dengan utang. Mereka memahami bahwa utang dapat digunakan sebagai alat untuk membantu mereka menggunakan uang sebijak mungkin, dan meningkatkan kekayaan.

"Banyak orang kaya meminjam uang untuk melakukan hal-hal seperti memulai bisnis atau berinvestasi di berbagai bidang," kata Christy Bieber.

Mereka juga meminjam ketika mereka dapat melakukannya dengan suku bunga rendah, daripada mengikat uang dalam sesuatu yang tidak memberikan pengembalian investasi yang baik.

Sebagai contoh, Warren Buffett mendapatkan hipotek saat membeli rumahnya meskipun dia bisa membayar tunai - karena dia ingin menginvestasikan uangnya.

Dia meminjam sekitar 120.000 dollar AS pada tahun 1971 (dalam bentuk pinjaman hipotek) dan menginvestasikan uangnya alih-alih membayar tunai untuk rumah tersebut.

Dana yang diinvestasikan akhirnya bernilai sekitar 750 juta dollar AS.

"Daripada takut meminjam, lebih baik menjadi pintar mengatur kapan dan bagaimana menggunakan utang," sebut Christy Bieber.

Sebagai contoh, masuk akal untuk mengambil hipotek untuk membeli rumah daripada membayar tunai karena rumah  adalah aset yang akan meningkatkan kekayaan bersih.

Lalu, tingkat bunga hipotek biasanya akan lebih rendah daripada keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan aset lain seperti saham.

Baca juga: Bukan Kekayaan, Terungkap Sumber Kebahagiaan dalam Hidup

Namun, tidak masuk akal untuk menggunakan kartu kredit untuk berlibur, karena kita hanya akan membayar bunga untuk sesuatu yang tidak akan meningkatkan kekayaan dalam jangka panjang.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com