Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayumi Membawa Songket Bergaya Pop Musik ke New York

Kompas.com - 17/09/2023, 11:44 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Perancang mode Marina Christyanti Ayumi melalui label busananya, Ayumi, menggelar karyanya yang mengolah songket bergaya pop musik di ajang New York Fashion Week (13/9/2023).

Ayumi yang menjalani masa remaja di era 90-an sangat lekat dengan musik pop dengan segala atributnya, termasuk gaya berpakaian. Unsur ini menjadi inspirasi Ayumi untuk membawa kebaruan ketika ia menggarap songket sebagai bahan utamanya.

Koleksi karyanya di New York Fashion Week (NYFW) Spring/Summer Collection 2024 bertajuk A Pop Of Culture. Ayumi menengarai nuansa pop sebagai tendensi mode tahun depan.

Di tangan Ayumi, terjadi akulturasi budaya yang diambil dari gaya pop musik ala 90-an ketika Britney Spears dan J.Lo berjaya di masanya, dengan bahan utama Songket Minang.

Perancang mode Marina Christyanti AyumiDok Ayumi Perancang mode Marina Christyanti Ayumi
Ia berhasil mengangkat unsur budaya berbahan tradisional menjadi tampak lebih modern dan metropolis. Rancangan busana siapa pakai ini pun dapat dikenakan untuk segala macam kesempatan, mulai dari acara santai sampai perhelatan formal.

Baca juga: Mengenal Beragam Motif Khas Songket Palembang

Sebagai bahan utama untuk 10 set koleksinya, ia memesan songket khusus dari perajin UMKM Pandai Sikek Sumatera Barat.

Hasilnya, tiga corak geometris khas Songket Pandai Sikek yakni motif Pohon Pinang, motif Biji Bayam, dan motif Jalinan Lidi yang memesona Ayumi itu lahir dalam sentuhan feminin yang kental dan warna-warna terang tanpa kehilangan kilau emas dan perak yang menjadi ciri utama songket ini.

Bahan Lace dan Satin Silk digunakan Ayumi untuk mempertebal kesan masa kini saat berdampingan dengan kain Songket.

Lebih jauh lagi, Ayumi melakukan teknik pembahanan dengan menambahkan butir-butir mutiara air tawar yang berasal dari Lombok pada busana.

Mutiara-mutiara itu disusun sedemikian rupa hingga menjadi tekstur serta motif yang mengayakan songket dan membentuk corak baru saat diaplikasikan pada sekujur busana yang ditampilkan.

Ini adalah kali kedua Ayumi ikut serta NYFW. Ia bergabung melalui wadah Indonesia Now yang mengantarai para perancang busana dengan International Management Group (IMG) selaku produser resmi NYFW, dan secara resmi tercatat di dalam Agenda Acara NYFW Runway.

Baca juga: Wastra dan Budaya Nusantara Bakal Tampil di New York Fashion Week

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com