Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Hadapi Wawancara Virtual agar Terlihat Unggul

Kompas.com - 18/09/2023, 11:15 WIB
Putri Aulia,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seiring dengan perkembangan dunia kerja yang terus berubah, wawancara secara virtual atau daring sudah menjadi kebiasaan yang umum.

Ini terjadi sejak era pandemi Covid-19 yang membuat para perekrut beralih ke teknologi wawancara video dan perangkat lunak konferensi seperti Zoom, Google Meet, dan Skype. Teknologi tersebut menghemat waktu serta biaya dalam proses seleksi calon karyawan.

Seperti halnya wawancara secara langsung, wawancara virtual ini juga bisa menjadi pengalaman menakutkan. 

Agar proses wawancara berjalan lancar, ketahui dulu tips berikut ini. 

Baca juga: 17 Tips Mencari Kerja dengan Cepat

Periksa gadget dan koneksi internet

Beberapa saat sebelum wawancara virtual dimulai, periksa koneksi internet dan pastikan  berfungsi dengan baik tanpa gangguan. Pastikan juga perangkat yang kita gunakan memenuhi persyaratan teknis yang diperlukan.

Jika mengalami masalah seperti gambar yang buram atau audio yang tidak jelas, pertimbangkan untuk membeli webcam eksternal yang dilengkapi dengan mikrofon internal.

Koneksi internet yang lemah bisa menyebabkan video yang terputus-putus dan audio yang tidak jelas, ini bisa sangat mengganggu.

Oleh karena itu, lakukan semua pengaturan yang diperlukan untuk memastikan bahwa koneksi internet kita dapat menghasilkan streaming video dengan kualitas yang baik.

Baca juga: 5 Tips Hadapi Kesulitan Mencari Kerja yang Sesuai Keinginan

Ilustrasi wawancara kerja via Zoom. SHUTTERSTOCK/PEOPLEIMAGES.COM - YURI A Ilustrasi wawancara kerja via Zoom.

Pilih lokasi yang tepat dan hindari gangguan

Jika kita sering bergerak selama wawancara, perekrut mungkin akan meragukan kesiapan kita. Untuk itu, penting untuk mempersiapkan ruangan yang kita gunakan dengan baik sebelumnya.

Pilih tempat dengan pencahayaan yang baik dan pastikan latar belakangnya adalah dinding kosong untuk menjadikan kita pusat perhatiannya. Posisikan kamera webcam pada atau sedikit di atas tingkat mata agar bisa menjaga kontak mata yang baik.

Selain itu, jika tidak memiliki penyangga untuk laptop, kita bisa meletakkannya di atas buku.

Baca juga: Cara Menjawab Pertanyaan Ceritakan Tentang Diri Anda saat Wawancara Kerja

Berpakaian formal

Meski tak bertemu secara langsung dengan perekrut, wawancara virtual bukan berarti tidak nyata. Untuk itu, penting untuk tetap berpakaian rapi dan formal saat wawancara berlangsung.

Sebaiknya kenakan pakaian formal atau busana kasual bisnis, seperti kemeja berkancing dan blazer. Hindari menggunakan warna atau pola yang terlalu mencolok, agar tidak mengalihkan perhatian pewawancara dari isi wawancara itu sendiri.

Pakaian formal akan menunjukkan komitmen kita terhadap pekerjaan dan membantu membangun kesan positif pada pewawancara.

Berlatih

Penting untuk berlatih menjawab pertanyaan umum yang sering diajukan, seperti "Mengapa Anda ingin meninggalkan pekerjaan sebelumnya?" atau "Apa yang membuat Anda menjadi kandidat yang cocok untuk pekerjaan ini?" Ini akan membantu kita memberikan respons terbaik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com