Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lego Play On Fest Akan Hadirkan Berbagai Game dari Balok Susun

Kompas.com - 19/10/2023, 08:22 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Salah satu permainan yang dianggap bermanfaat untuk menumbuhkan kreativitas, kemampuan kerja sama, sekaligus rasa percaya diri adalah permainan balok susun.

Berdasarkan survei yang dilakukan merek permainan balok susun Lego, ditemukan hampir semua orangtua setuju bahwa anak-anak menumbuhkan kreativitas mereka dengan permainan ini.

Melalui Lego, kita dapat mengasah kreativitas anak melalui cara bermainnya dengan menyusun balok demi balok menjadi bentuk tertentu. Kegiatan menyusun ini membuat anak mencurahkan kreativitas mulai dari bentuk yang sederhana seperti kue hingga bentuk lain yang sangat beragam.

Adanya peningkatan 92 persen dalam keterampilan memecahkan masalah, dan meningkatkan kepercayaan diri sebanyak 91 persen juga menjadi manfaat bermain Lego bagi anak.

Pengenalan tekstur hingga bentuk Lego dapat membantu perkembangan otak, motorik dan sensorik anak. Secara tidak langsung, perkembangan itu melatih anak dalam menyelesaikan masalah.

Baca juga: 5 Fakta Menarik tentang Lego, Sudah Tahu?

Selain itu, dari hasil risetnya ditemukan presentase peningkatan kemampuan berkomunikasi anak sebanyak 92 persen. Hal ini mengacu ketika anak bermain Lego bersama orangtua. Manfaatnya dapat membangun bonding, tingkat komunikasi anak juga bisa dikembangkan melalui aktivitas tersebut.

Bahkan, 98 persen dari peserta survei menjawab bahwa permainan ini dapat membantu menguatkan ikatan kekeluargaan, sekaligus menenangkan pikiran. Sedangkan bagi anak-anak, bermain lego membuat mereka ingin menghabiskan waktu lebih dengan orangtua.

LEGO Play On FestPutri Aulia/Kompas.com LEGO Play On Fest
Berbagai manfaat tersebut menginspirasi The Lego Group mengundang para gamer dan penggemar Lego dari segala usia untuk memasuki dunia game dan kreativitas pada rangkaian Lego Play On Fest.

Acara yang berisi rangkaian aktivitas menarik bertema game ini adalah perayaan sinergi antara game dan kreativitas, yang akan berlangsung di Promotion Atrium MKG 5, Summarecon Mal Kelapa Gading dari tanggal 19 Oktober hingga 5 November 2023.

Festival ini merupakan bagian dari kampanye terbaru The Lego Group yang mengajak anak-anak dan keluarga untuk berkumpul dan Play On.

Acara di Summarecon Mal Kelapa Gading akan menghadirkan penampilan spesial dari para influencer game ternama seperti Kananda Widyantara, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Frost Diamond, dan para influencer game lainnya.

Baca juga: LEGO Play On Fest Hadir di Indonesia dengan Banyak Kejutan!

Selama akhir pekan, para influencer ini akan mengadakan Gamer Meet & Greet, di mana anak-anak berkesempatan uuntuk berinteraksi dengan mereka.

Anak-anak juga dapat menyaksikan gaming setup yang tersedia dan terlibat dalam berbagai permainan interaktif seperti membangun jembatan terpanjang, membuat menara tertinggi, dan membangun ketapel terkuat.

Acara ini juga menampilkan area permainan lengkap dengan konsol, stasiun Nintendo Switch, dan berbagai permainan yang children-friendly seperti Lego Star Wars, Lego Brawls, Lego 2K Drive, dan Lego Marvel Superheroes 2.

Para penggemar Lego pun dapat memanfaatkan kreativitas mereka dengan membuat minifigures unik yang mewakili karakter permainan mereka. Para peserta dapat memilih dan merakit bagian-bagian minifigure Lego dari kumpulan brick untuk mendesain karakter-karakter yang unik dan personal.

Ilustrasi gambar ilusi foto mainan lego di lantai berisi kata-kata Pinjam dulu seratus yang bisa dilihat secara jelas dengan menyipitkan mata.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi gambar ilusi foto mainan lego di lantai berisi kata-kata Pinjam dulu seratus yang bisa dilihat secara jelas dengan menyipitkan mata.
Di acara ini The Lego Group akan menghadirkan serangkaian rakitan Lego berukuran asli yang terinspirasi dari game, dengan desain terinspirasi oleh Frost Diamond.

Ini termasuk Gaming Tabletop berukuran besar yang terdiri atas 7.169 bricks, Gaming PC yang terdiri atas 8.401 bricks, Monitor Dress-Up yang terdiri atas 7.790 bricks, dan Game Controller yang terdiri atas 1.154 bricks.

Pengunjung yang tertarik dengan musik juga dapat melihat Ukulele yang terdiri atas 800 bricks, Gitar yang dapat dimainkan terbuat dari 4.362 bricks, dan Tiang Mikrofon yang terdiri atas 1.190 bricks.

Menarik kan?

Baca juga: Bermain Bongkar Pasang Lego Berdampak Positif bagi Perkembangan Anak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com