Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips dari Ahli untuk Memulai Hubungan Seks dengan Pasangan

Kompas.com - 23/10/2023, 16:53 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memulai ajakan hubungan seks dengan pasangan bisa menjadi momen yang menegangkan dan menantang bagi banyak orang.

Kecemasan akan penolakan, rasa malu, dan kerentanan emosional sering kali menjadi hambatan besar bagi mereka yang ingin memulai kegiatan intim dengan pasangan mereka.

Kehidupan seks yang sehat sangat penting dalam hubungan, karena dapat meningkatkan kebahagiaan. Ini bisa memperkuat ikatan emosional antara pasangan, sambil menghargai preferensi seksual masing-masing.

Ketakutan sering muncul dalam situasi seksual, karena kurangnya pembicaraan terbuka tentang seks di masyarakat.

Ditambah televisi atau film sering menyajikan pandangan yang salah tentang seks, seolah itu harus terjadi secara spontan.

Padahal kehidupan seksual yang sehat memerlukan komitmen dan latihan terus-menerus.

Berikut adalah beberapa tips dari para ahli untuk memulai hubungan seks dengan pasangan.

Baca juga: 6 Posisi Seks Santai Tanpa Menguras Energi, Orgasme Jadi Lebih Rileks

Diskusikan kebutuhan seksual di luar kamar tidur

Percakapan terbuka tentang preferensi seksual di luar kamar tidur penting. Ini dapat memberikan kesempatan bagi kedua pasangan untuk mengungkapkan kebutuhan dan keinginan mereka tanpa menimbulkan ketegangan.

Psikolog berlisensi dan terapis seks bersertifikat, Laurie Mintz menyarankan berbicara tentang preferensi inisiasi dengan cara yang penuh kasih, termasuk cara menolak ajakan.

Ini dapat memberikan kejelasan tentang preferensi masing-masing dalam hal memulai kegiatan seks.

Perlu diingat, penting untuk memastikan pasangan siap untuk berbicara tentang seks. Izin dan persetujuan untuk memulai percakapan adalah kunci utama dalam menghormati kebutuhan dan batasan masing-masing.

Mengurangi beban tugas pasangan

Mengurangi beban tugas pasangan bisa sebagai cara untuk memberikan ruang emosional dan fisik yang lebih luas untuk mendalami hubungan seksual.

Pendidik seks bersertifikat, Linnea Marie mengatakan perhatian terhadap kemudahan hidup pasangan dapat menjadi tindakan yang menggairahkan.

Ia juga menyarankan untuk mengungkapkan kemauan membantu tugas-tugas pasangan. Ini bisa memberi pasangan kesempatan untuk bersantai dan menikmati waktu bersama.

Beritahu pasangan saat kamu sedang bergairah

Meskipun mungkin menakutkan bagi beberapa orang, menurut Mintz memberitahu pasangan saat kamu sedang bergairah dapat menjadi metode yang efektif dalam memperjelas kebutuhan dan keinginan kamu akan seks.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com